Stadion Barombong Terkendala Anggaran – Berita Kota Makassar
Metro

Stadion Barombong Terkendala Anggaran

MAKASSAR, BKM — Stadion Barombong nyaris tanpa sentuhan pembangunan tahun ini. Anggaran yang terbatas menjadi kendala utama pada stadion yang dibangun di batas kota tersebut.
Padahal, stadion itu diharapkan menjadi salah satu stadion terbaik yang berstandar internasional di Indonesia. Kalaupun ada aktifitas, hanya sekadar perawatan lapangan yang sudah ada dan ditanami rumput halus.
Serta penyelesaian pembangunan tribun bagian utara setelah sebelumnya, tribun timur sudah dirampungkan.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Muchlis Mallajarang berharap tahun depan, pembangunan stadion bisa dilanjutkan.
“Kami berharap tahun depan sudah bisa dibangun tribun barat dan selatan,” ungkapnya.
Namun, dia menyadari rencana untuk melanjutkan pembangunan sangat tergantung pada anggaran yang ada.
Dia memperkirakan, estimasi kebutuhan anggaran yang dibutuhkan untuk rencana yang akan dilakukan tahun depan sekitar Rp200 miliar.
Dispora sudah mengusulkan agar alokasi itu bisa diperoleh baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Untuk APBD Pokok 2017, diusulkan Rp150 miliar. Sementera APBN sebesar Rp49 miliar.
Namun, jika melibat kondisi anggaran yang sangat terbatas saat ini, kecil kemungkinan seluruh kebutuhan itu bisa dipenuhi.
Khusus untuk mendapat suntikan dana yang bersumber dari APBN, kata Muchlis, sejauh ini, pihaknya telah mengantarkan proposal ke Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Kalau jumlahnya bisa konsisten sesuai hasil akumulasi dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan anggaran dari Kemenpora serta APBD, ditargetkan tahun 2018 Stadion Barombong akan diresmikan.
Muhlis optimis, tahun depan anggaran dari Kemenpora bisa dikucurkan. Apalagi, Menpora Imam Nahrowi menunjukkan respon yang luar biasa untuk perampungan pembangunan fasilitas olahraga yang bertaraf internasional itu ketika melakukan kunjungan belum lama ini.
Untuk anggaran yang bersumber dari APBN, dia berharap tidak ada pemotongan dari usulan yang telah dimasukkan ke Kemenpora. Namun Muchlis cukup memaklumi jika tahun depan alokasi anggaran di Kemenpora cukup banyak akan tersita pada pelaksanaan event olahraga Asia yakni Asian Games.
Sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pun antusias mendengar kabar proyek tersebut akan segera rampung. Ia menegaskan bahwa pembangunan Stadion Barombong itu harus bisa segera diselesaikan.
“Saya berharap itu bisa selesai, dan bisa digunakan 2018 nanti. Masa sekian lama kita cuma gunakan Andi Mattalatta terus. Lama kelamaan itu kan sudah tidak representatif lagi,” pungkasnya. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top