Headline

Peluang Alumni Polimarim Terbuka Lebar di Tol Laut

IST SALAM KOMANDO-Kepala Bidang Pelatihan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Dr Capt Antoni Arif Priady salam komando dengan Direktur Polimarim AMI, Amrin Rani dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, BKM — Tol laut yang menjadi salah satu program andalan pemerintahan sekarang, menjadi peluang besar bagi lembaga pendidikan dan latihan (diklat) pelayaran. Salah satunya adalah Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar.
Hal itu merujuk pada akan dibukanya 2.392 pelabuhan baru di tahun 2017 mendatang. Fakta ini menjadi kesempatan yang luar biasa, khususnya bagi alumni program studi (prodi) ketatalaksanaan.
”Tahun depan diperkirakan akan ada tambahan kebutuhan pelaut sebanyak 15 ribu orang. Untuk tol laut akan ada 118 kapal yang melewati Makassar. Tidak ada lagi kapal yang langsung dari ujung ke ujung,” ungkap Kepala Bidang Pelatihan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Dr Capt Antoni Arif Priady.
Ia memberikan kuliah umum dihadapan taruna taruni Polimarim AMI Makassar, Kamis (10/11). Penyampaian materi dilakukan Antoni langsung dari Jakarta melalui teleconference. Hadir dalam acara ini Direktur Polimarim AMI, Amrin Rani didampingi para wakil direktur serta civitas akademika Polimarim AMI.
Selain peluang, kepada taruna taruni yang akan diwisuda besok, Sabtu (12/11), Antoni menyampaikan tantangan yang dihadapi tenaga pelaut saat ini. Salah satunya tentang human error yang masih banyak terjadi.
”Paling banyak terjadi adalah akibat kesalahan manusia. Jumlahnya 11.350 kasus. Ini tantangan kita semua,” kata Antoni.
Menyikapi hal itu, Direktur Polimarim AMI, Amrin Rani berkomitmen untuk terus memantapkan sistem pembelajaran dan pengawasan terhadap taruna taruni saat menempuh perkuliahan. Peningkatan sumber daya manusia (SDM) dosen juga terus dilakukan.
”Kita mendorong dosen untuk melanjutkan kuliah. Saat ini sudah banyak dosen kita yang sudah menyelesaikan S2. Termasuk ada diantaranya yang telah selesai S3. Semuanya kita fasilitasi,” kata Amrin.
Wakil Direktur IV Polimarim AMI, Harry Katuuk menambahkan, sebenarnya ada banyak penyebab terjadinya kecelakaan di laut. Seperti force major dan human error.
”Kalau force major itu kan lebih disebabkan karena alam. Sementara human error oleh manusianya. Ini yang terus kita upayakan untuk diantisipasi. Karena itu pihak kampus berusaha melengkapi fasilitas pendukung untuk perkuliahan dan praktik,” terangnya. (rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top