Metro

Sekolah Butuh Penambahan Guru BK

MAKASSAR, BKM– Kini penggunaan obat terlarang jenis narkoba dan sabu mulai merambah siswa di sekolah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar merekomendasikan pihak sekolah melakukan pengamanan yang ekstra ketat termasuk menambah guru Bimbingan Konseling (BK) di setiap sekolah.
Sekertaris Komisi D DPRD Makassar, Hamzah Hamid mengatakan, masuknya barang haram tersebut lingkungansekolah di Kota Makassar menunjudkan dunia pendidikan di kota ini mulai tercoreng dan tidak aman lagi.
“Kita kasian barang ini bisa merusak generasi pelanjut, apalagi anak-anak yang hanya awalnya mencoba lama-lama ketagihan dan akan merusak dirinya. Ini yang kami khawatirkan, kasianlah anak-anak kita,” ungkapnya saat di temui di gedung DPRD Makassar, Rabu (9/11).
Selain itu, penyimpangan perilaku siswa di sekolah akibat dari tidak adanya koordinasi dan hubungan yang terbangun antara pihak sekolah dalam hal ini guru dengan para orang tua. Terlebih lagi guru tidak aktif melaporkan perkembangan anak kepada orang tua, seperti sikap dan perilaku siswa maupun soal proses belajar siswa saat di sekolah.
“Inilah kalau guru dan orang tua tidak ada saling koordinasi terkait perilaku anak. Perlu diketahui bahwa tanggung jawab sekolah bukan saja soal pemberian mata pelajaran, namun juga soal moral. Ini juga harus dilibatkan orang tua, kalau ada siswa yang nakal harus diketahui oleh orang tuanya,” katanya.
Legialator Fraksi PAN ini menambahkan, kenakalan siswa di Sekolah menjadi tanggung jawab bersama, antara guru dan orang tua. Bahkan, minimnya guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah tidak sebanding dengan jumlah siswa yang mencapai ribuan orang.
Terpisah, Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, Adi Suriadi Culla mengatakan, dunia pendidikan di Sulsel memang sangat rawan terjadi peredaran narkoba, apalagi target yang ingin disasar bukan hanya kalangan mahasiswa, melainkan para remaja siswa yang notabene senang melakukan hal yang baru.
“Kecemasan terhadap perilaku siswa sudah lama dirasakan, ditambah lagi peredaran narkoba di sekolah semakin massif dan memprihatinkan sehingga harus ada langkah sistemik yang harus dilakukan,” ujarnya.(ita)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top