Gojentakmapan

Samsat Bebaskan WP Progresif dan Denda Tunggakan

MAROS, BKM — Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak khususnya pajak kendaraan bermotor, UPTD Samsat memberikan insentif kepada Wajib Pajak (WP). Yakni dengan membebaskan denda bagi pengendara motor yang mengalami tunggakan pajak. Juga pembebasan pajak progresef bagi pemilik kendaraan lebih dari satu.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulsel, Drs H Tautoto TR MSi pada pembukaan sosialisasi pajak daerah UPTD Maros di Almarkas Maros, Rabu (9/11). Menurut Kadis, sosialisasi pajak daerah ini adalah salah satu program UPTD Samsat Maros. Sehingga pada kegiatan ini diharapkan UPTD Samsat Maros dapat meningkatkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sumber pajak kendaraan bermotor.
Pada sosialisasi ini juga masyarakat dapat mengetahui lebih jelas pentinya membayar pajak tepat waktu. Karena saat ini pemerintah telah memberikan keringanan pajak kendaraan bermotor. Dengan tidak lagi dikenakan pajak progresif atas kepemilikan atau pengusaan kendaraan lebih dari satu kendaraan bermotor roda empat atau lebih.
Selain kemudahan itu, bagi pemilik kendaraan khususnya angkutan umum, Pemprov Sulsel juga telah memberikan insentif sebesar 7O persen. Sedangkan untuk kendaraan truk angkutan barang juga telah diberikan insentif pajak sebesar 3O persen. Pemberian insentif dapat diberlakukan bila pemilik kendaraan memenuhi syarat seperti memilik izin usaha angkutan barang yang berbadan hukum. J?adi dengan adanya pemberian insetif kepada WP diharapkan agar membayar pajak kendaraannya tepat waktu.
Potensi jumlah kendaraan bermotor yang ada di kabupaten Maros per 31 Oktober 2O16 khusus untuk kendaraan roda dua sebanyak 1O9,716 unit dengan jumlah pajak yang harus dibayar sebanyak Rp17,32O,151,75O. Sedangkan untuk kendaraan roda empat sebanyak 16,O1O unit dengan jumlah pajak yang harus dibayarkan sebesar Rp24.173.218.776. Total pajak kendaraan bermotor dan roda empat sebesar Rp 43.493,37o.525. (ari/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top