Metro

Danny Hadirkan Kapal Ambulance

MAKASSAR, BKM– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto kembali memperkenalkan program terbarunya yakni Kapal Ambulance.
Kehadiran kapal ambulance kata Danny sapaan akrab wali kota, diperuntukkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di kepulauan di Makassar secara gratis.
Kapal ambulance yang berwarna orange putih itu, dilengkapi fasilitas medis yang dapat membantu atau memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat yang sakit untuk segera dirujuk ke Rumah Sakit di Kota Makassar.
“Kami baru menyediakan satu unit kapal ambulance yang dilengkapi dengan fasilitas medis dan dapat menampung empat orang pasien yang sakit. Ini baru percobaan saja, rencananya, kapal kita sandarkan di Pulau Barrang Lompo supaya mudah mengakses masyarakat yang membutuhkan,” jelas Danny, Rabu (9/11).
Masyarakat kepulauan yang membutuhkan pelayanan Home Care, Kapal Ambulance, kata Danny tidaklah sulit. Masyarakat hanya perlu melakukan panggilan Call Centel 112 untuk mendapatkan segala jenis pelayanan termasuk kapal ambulance.
“Saat ini masih dalam proses pemasangan peralatan baik peralatan medis ataupun mesin. Kalau kapalnya itu sudah siap, tinggal peralatannya saja. Kalau semuanya lengkap, kita segera luncurkan,” katanya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengaku sangat mengapresiasi inovasi yang kembali diciptakan Wali Kota Makassar dalam menghadirkan kapal ambulance.
Bahkan menurutnya, Dinkes Kota Makassar segera membentuk tim medis yang ditempatkan di kapal ambulance untuk melayani masyarakat yang membutuhkan.
“Tentu dengan adanya kapal ambulance masyarakat di kepulauan pasti terbantu di bidang kesehatan. Kami juga akan membentuk tim untuk ditempatkan di kapal ambulance,” singkatnya.
Sementara itu, saat puncak perayaan HUT Kota Makassar ke 409 di Lapangan Karebosi, Wali Kota Makassar mengangkat tema “Semua Untuk Rakyat”.
Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan HUT Makassar tetap menggelar upacara dengan pakaian adat Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar.
Terlihat beberapa pejabat pemerintah kota maupum provinsi hadir seperti Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Ibrahim Saleh dan beberapa kepala daerah di Sulsel serta tokoh masyarakat.
Dalam sambutannya, Danny mengatakan, di usia Kota Makassar yang ke 409 tahun cukup banyak dinamika yang telah dilalui dan perubahan yang telah diperoleh dalam pembangunan. Namun adapula pembangunan yang belum maksimal sehingga perlu dilanjutkan.
“Di HUT Kota Makassar ke 409 tahun, saya memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang menjadi penyemangat agar dapat terus bekerja, berinovasi, meningkatkan produktivitas daerah, kesejahteraan masyarakat dan membangun Kota Makassar menjadi lebih baik,” sebutnya.
Bekerja keras kata Danny, upaya yang harus dilakukan untuk meraih prestasi dimasa depan yakni Makassar dua kali tambah baik. Bukan hanya itu, memperkuat kesatuan dan persatuan juga penting dalam membantu mewujudkan harapan Pemerintah Kota Makassar yaitu menjadikan Makassar sebagai kota yang aman dan nyaman untuk semua.
“Pemerintah kota memiliki tugas untuk merekonstruksi nasib rakyat, merestorasi tata ruang dan mereformasi tata pemerintahaan. Sehingga harapan menjadikan Kota Makassar sebagai kota dunia, Kota Makassar sebagai kota nyaman dan Kota Makassar untuk semua dapat terwujud,” jelasnya.
Ditempat yang sama, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limmpo juga menyampaikan di HUT Kota Makassar yang ke 409 tahun, menjadi momen untuk mengingat apa yang telah dilakukan untuk kemajuan daerah dan terus berusaha menciptakan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.
“Tema Semua Untuk Rakyat yang diambil dalam HUT Kota Makassar, suatu panggilan untuk kita semua. Semua untuk rakyat berarti segala daya upaya kita, segala kemampuan atau potensi yang kita miliki harus diberikan untuk rakyat termasuk kesejahteraan rakyat,” sambutnya.
Kemajuan suatu daerah ditentukan orientasi yang baik. Sedangkan orientasi yang baik adalah pemerintah yang seluruh jajarannya berpihak kepada rakyat dan tidak berpihak pada dirinya sendiri.
“Kita yang hadir dalam puncak perayaan HUT Kota Makassar memberikan kesaksian dan komitmen bahwa kita semua di tahun 2016 telah mampu mendorong dan menghadirkan Kota Makassar lebih baik, modern dan mandiri dengan apa yang telah kita capai,” katanya.
Usai memberikan sambutan dihadapan seluruh masyarakat yang hadir, wali kota mengajak para tamu yang hadir untuk bersama sama meresmikan beberapa program Pemerintah Kota Makassar dalam pelayanan publik seperti Call Center 112 dan juga Home Care yang merupakan cabang dari Lansia Care, Kamre Infraret untuk sistem keamanan, dan juga Badan Usaha Lorong (Bulo).
Tidak sampai disitu, wali kota juga mengajak para tamu untuk melihat secara langsung stand Kaki Lima Ta’ yang masuk dalam program 100 booth PK5 dari desinsentif pelaku usaha dan mobil ambulance untuk melayani masyarakat di Makasssar.(arf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top