Kejari Minta Kades Hati-hati Kelola Dana Desa – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Kejari Minta Kades Hati-hati Kelola Dana Desa

PASANGKAYU, BKM — Kepala Kejaksaan Negeri Mamuju Utara, Imanuel Rudy Pailang, mengingatkan kepada para kepala desa (Kades) untuk berhati-hati dalam mengelola anggaran. Peringatan tersebut disampaikan Imanuel saat menjadi pemateri dalam kegiatan rapat evaluasi dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2016. Sekaligus persiapan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2017 yang diselenggarakan badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa, di ruang pola kantor bupati Mamuju Utara (Matra), akhir pekan lalu.
Dalam kesempatan tersebut, Kajari Matra menurut Imanuel, menyampaikan hal tersebut dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan para kades tentang tatacara pengelolaan keuangan desa dengan baik. Sehingga pembangunan di desa dapat berjalan maksimal dan berkesinambungan.
Menurut Imanuel Rudy Pailang, dana desa sangat rentan disalahgunakan. Sehingga perlu pengawasan bersama agar pemanfaatan dana desa tidak meleset. ”Kami (Kejari Matra, red) sangat mendukung para kades dalam mengelola anggaran sendiri. Namun demikian, kades juga harus hati-hati dalam mempergunakan atau memanfaatkan dana desa. Sebab, jika terjadi kesalahan administrasi pengelolaan keuangan desa, dapat berpotensi menimbulkan korupsi,” jelasnya.
Dikatakan, kejaksaaan dan aparat penegak hukum lainnya berkewajiban memberikan penyuluhan pemahaman hukum tentang tata cara pengelolaan keuangan desa (alokasi dana desa dan dana desa) yang baik. Juga, bagaimana cara menghindari rambu-rambu pelanggaran hukum karena sangat rawan terjadi penyimpangan.
”Untuk itu, kami mengedepankan sisi pencegahan daripada penindakan. Untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan penyalahgunaan dana desa, kami akan membuat suatu kegiatan dan memanggil seluruh kepala desa se Matra dan kembali memberikan penyuluhan pemahaman hukum. Utamanya dalam mengelola alokasi dana desa dan dana desa. Sehingga penggunaannya dapat berjalan optimal dalam membangun desa sesuai harapan pemerintah,” tegasnya. (ala/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top