Ajukan Anggaran Pro-Rakyat – Berita Kota Makassar
Metro

Ajukan Anggaran Pro-Rakyat

JELANG pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok 2017, anggota Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Makassar mengharapkan seluruh usulan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tidak berlebihan dan cenderung mendengarkan aspirasi masyarakat, atau pro rakyat.
“Kami meminta pemerintah kota mengajukan APBD 2017 yang pro rakyat, mengajukan program-program yang menyentuh masyarakat secara langsung,” ujar anggota Badan Anggaran DPRD Makassar, Basdir, kemarin.
Basdir menambahkan, SKPD boleh saja mengusulkan anggaran seperti Dinas Pekerjaan Umum sebesar Rp300 miliar yang digunakan untuk infrastruktur dan Satpol PP sebesar Rp20 miliar untuk biaya pengamanan, namun yang perlu diperhatikan apakah ini tidak boros.
“Kita tidak permasalahkan ji berapapun anggarannya yang penting bisa dipertanggungjawbkan dalam pembahasan,” ungkapnya diGedung DPRD Makassar.
Lanjut Legislator Fraksi Demokrat ini menuturkan,setiap tahun dalam usulan APBD Pokok tidak pernah melibatkan sejumlah tokoh masyarakat dan pemerintahan seperti ketua RT dan RW. Seharusnya usulan mereka diakomodir pada pembahasan APBD Pokok.
“Untuk perbaikan infrakstruktur dan pengaman di Kota Makassar memang dibutuhkan karena menyangkut pelayanan masyarakat. Hanya saja, yang kita pertanyakan saat pembahasan apakah anggaran itu sudah sesuai peruntukannya,” katanya lagi.
Terpisah, anggota Banggar DPRD Makassar, Rahman Pina menuturkan banyak anggaran yang perencanaannya tahun lalu asal jadi, maka untuk pembahasan APBD Pokok 2017, pihaknya lebih meneliti lagi setiap item-item kegiatan SKPD, singkatnya. (ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top