Headline

Penjaga Masjid Gemetar Dapat Hadiah Mobil

MAKASSAR, BKM — Minggu (6/11) menjadi hari keberuntungan bagi Syafruddin. Duda usia 60 tahun itu berhasil mendapatkan sebuah mobil Toyota Agya hasil pengundian door prize peserta jalan santai HUT Kota Makassar ke-409, yang dilaksanakan di Lapangan Karebosi.
Sehari-harinya Syafruddin bekerja sebagai penjaga Masjid Mukhmainnul Qulub di Jalan Garuda. Ia mengaku tidak pernah bermimpi ataupun punya keinginan memiliki sebuah mobil. Selain beralasan harga mobil yang tergolong mahal bagi orang sepertinya, Syafruddin juga belum tahu mengemudikan mobil.
”Saya tidak pernah punya keinginan sedikitpun untuk punya mobil. Saya juga tidak pernah menyangka akan dapat mobil di acara gerak jalan santai. Jangankan mobil, motor saja saya tidak tahu pakai,” aku Syafruddin.
Antara percaya dan tidak, Syafruddin terlihat sedikit pucat dan gemetar saat memegang kunci mobil yang diserahkan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Karena tidak punya tempat dan tak bisa mengemudikan mobil, Syafruddin berencana menjual mobil hadiahnya.
”Saya benar-benar menyangka ini. Saya cuma mauji ikut jalan santai. Kalaupun dapat hadiah, paling yang kecil-kecil. Tapi ini hadiahnya besar sekali. Saya sangat bersyukur sekali,” ujar Syafruddin di atas panggung.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto memastikan jika seluruh hadiah yang disediakan di acara jalan santai tidak ada potongan pajak. Sebab kegiatan ini diselenggarakan untuk rakyat.
“Kegiatan ini untuk rakyat, dan benar-benar hadiah yang kami hadirkan untuk rakyat. Soal pajak hadiah yang didapat para peserta, itu semuanya tidak ada,” kata Danny.
Jalan santai yang rutin dilaksanakan dalam rangkaian menyambut HUT Kota Makassar 9 November, tahun ini mengusung tema; Makassar Jalan Sehat Indonesia Hebat 2016. Panitia mencatat, even kali ini diikuti lebih dari 101.000 peserta. Angka itu sesuai jumlah kupon yang dicetak dan terbagi habis.
Mereka yang meramaikan jalan sehat berasal dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lingkup Pemkot Makassar, pelajar, anggota TNI/Polri, dan masyarakat umum. Bahkan ada yang berasal dari Provinsi Gorontalo.
Para peserta mengambil start di Jalan Jenderal Sudirman, depan Monumen Mandala dan finish di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di Lapangan Karebosi.
Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo melepas secara langsung para peserta. Ikut menampingi Wali Kota Ramdhan Pomanto, Wakil Wali Kota Syamsu Rizal dan Sekretaris Kota Makassar Ibrahim Saleh. Hadir Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan M Roem, Ketua DPRD Makassar Farouk M Beta serta Wakil Ketua DPRD Makassar Adi Rasyid Ali.
Di depan peserta sebelum pelepasan, Syahrul mengatakan, usia Kota Makassar yang sudah 409 tahun menjadi simbol kota tertua di Asia. Karena itu, seluruh masyarakat kota ini hendaknya bangga dan bersyukur.
“Di mana ada kota, tentu ada kehidupan. Makassar ini kota tertua di Asia. Usianya sudah 409 tahun,” kata Syahrul.
SYL juga memberikan apresiasi untuk kegiatan gerak jalan santai yang berhasil melibatkan ratusan ribu masyarakat. Hal ini belum tentu bisa dilakukan kota-kota lain.
“Beberapa kota lain masih takut untuk berkumpul dan bersama sama seperti ini, terutama Jakarta. Ini membuktikan kalau Makassar kota aman. Disini kita tidak takut, karena kita saling peduli satu dengan yang lain. Kita bisa ramai dan kita bisa banyak, tetapi harus saling menghargai karena kita bersaudara,” ucapnya.
Sementara Wali Kota, Danny Pomanto menyempatkan diri menyapa para peserta yang berpartisipasi menyambut HUT Kota Makassar ke-409 tahun. Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam jumlah besar ini dalam sebuah even membuktikan jika Makassar adalah kota yang aman dan tertib.
“Saya atas nama pemerintah kota sangat berterima kasih kepada seluruh peserta yang hadir. Kehadiran kita semua di tempat ini membuktikan kalau Kota Makassar adalah kota yang aman,” ujarnya.
Setelah dilepas, para peserta melalui rute yang telah ditentukan. Masing-masing Jalan Jenderal Sudirman, DR Sam Ratulangi, Haji Bau, Penghibur dan Ahmad Yani.
Di Jalan Haji Bau, para peserta diminta oleh panitia yang telah tersebar dan memegang kantong plastik besar berwarna kuning untuk menyetorkan kupon undian. Selanjutnya, kupon tersebut diundi di Lapangan Karebosi.
Panitia menyiapkan berbagai jenis hadiah. Masing-masing satu unit rumah, dua unit mobil Toyota Agya, dua paket umrah dan lima unit sepeda motor Yamaha N-Max.
Sementara untuk hadiah hiburan, masing-masing 20 unit televisi LED 32 inci, 25 unit lemari es, 20 unit sepeda Polygon, 50 keping emas murni, 100 tabungan BRI senilai Rp1 juta, 50 handphone, 50 DVD player, dan 150 voucher bimbingan belajar JILC.
Selain menyediakan hadiah menarik, jalan santai HUT Kota Makassar ke-409 juga menghibur para peserta dengan menghadirkan dua artis penyanyi solo, yakni Judika dan Vidi Aldiano. Penampilan keduanya sontak membuat para peserta kembali bersemangat setelah berjalan kaki.
Pengumuman pemenang undian jalan sehat akan disampaikan melalui media terbitan Senin (7/11) hari ini. Peserta dapat mengambil hadiahnya dengan membawa potongan kupon undian disertai kartu identitas yang masih berlaku ke kantor BKD Makassar, gedung Balaikota lantai 2, Jaln Jenderal Ahmad Yani. Panitia menyediakan waktu 15 hari bagi pemenang untuk mengambil hadiahnya. (arf/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top