Metro

Lurah Ditugasi Mata-matai Teroris

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulsel bersama Kodam VII Wirabuana dan Polda Sulsel menggandeng lurah/kepala desa serta Babinsa/Babin Kamtibmas menjadi ujung tombak falam mewaspadai munculnya gerakan radikalisme dan terorisme.
Untuk kepentingan itu, dikukuhkan tiga pilar tersebut yang dilakukan secara simbolis di Lapangan Karebosi, akhir pekan lalu.
Ketiga unsur tersebut nantinya aman memantau kondisi keamanan wilayah desa maupun keluruhan terhadap gerakan yang dicurigai bisa berbahaya bagi keutuhan bangsa dan negara.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo bersama Pangdam VII Wirabuana Agus Surya Bakti dan Kapolda Sulsel Anton Charliyan menyaksikan langsung pengucapan ikrar bela negara tiga pilar tersebut di Lapangan Karebosi. Khusus tahap awal, ikrar tiga pilar dilakukan untuk wilayah Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Gowa.
Program ini, kata Syahrul, merupakan komitmen bersama antara Pemprov Sulsel dan Kodam VII serta Polda Sulselbar. Seperti diketahui, keluruahan/desa merupakan perangkat pemerintahan yang cukup efektif dalam melakukan pengawasan bagi masyarakat.
Dia berharap kehadiran tiga unsur tersebut bisa memaksimalkan tugas dan perannya agar aksi terorisme dan radikalisme bisa ditangkal sejak dini.
Hal yang sama dikemukakan Pangdam VII Wirabuana Agus Surya Bakti. Menurutnya, kerja-kerja tiga pilar itu akan cukup efektif dalam meminimalisir terjadinya aksi terorisme dan radikalisme. Mereka bergerak di tingkat desa yang cakupan wilayahnya bisa terakomodir dan secara berjenjang melaporkan kondisinya ke struktur yang lebih diatas.
Sementara itu, Kapolda Sulselbar Anton Charliyan mengingatkan kepada masyarakat, jika menemukan hal-hal yang mencurigakan, seperti aktifitas terselubung atau orang-orang dengan gerakan tidak biasa, segera laporkan pada tiga pilar tersebut.
“Program ini juga cukup efektif memberantas narkoba,” ungkapnya.
Kepala Kesatuan Bangsa (Kesbang) Sulsel, Asmanto Baso Lewa mengatakan program tiga pilar ini yang pertama kali digagas di Indonesia. Pemprov Sulsel meyiapkan anggaran yang bersumber dari APBD untuk kerja-kerja para aparat di lapangan.
Dia berharap, melalui program ini, aksi radikalisme dan terorisme bisa dicegah sejak dini. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top