Cemari Lingkungan, Warga Sesak Nafas – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Cemari Lingkungan, Warga Sesak Nafas

ENREKANG, BKM — Aktivitas pengolahan aspal milik PT Indo Karya (Persero) yang terletak di Matua, Kelurahan Buntu Sugi, Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang dituding sebagai biang pencemaran udara yang menyebabkan masyarakat sekitar tambang terserang penyakit.

“Saat beroperasi siang hari, kami masuk kamar karena asap dan baunya yang menyengat membuat kita sesak nafas,”ujar Rida kepada BKM, Sabtu (5/11) kemarin.
Ridah mengatakan akibat limbah pabrik tersebut, sudah ada beberapa balita dan anak-anak serta orang dewasa terpaksa mengeluarkan biaya untuk pengobatan di puskesmas karena terserang penyakit inflensa, kepala pusing dan muntah-muntah.
“Dari hasil pemeriksaan dokter mereka terserang penyakit akibat polusi limbah yang dikeluarkan pabrik aspal tersebut,”tandas Rida.
Hal senada juga dikeluhkan warga lainnya Elen. Dia mengaku sangat terganggu dengan adanya limbah pabrik yang beroperasi di belakang pemukiman warga. Selain mengganggu warga, pabrik juga tidak memiliki surat izin operasi karena selama ini tidak pernah sosialisasi sebelumnya. “Setahu saya perusahaan yang sebesar ini sebelum operasi pasti sosialisi dulu ke masyarakat. Tapi ini tanpa sosialisi langsung main tancap saja,”ujarnya.
Elen meminta pihak perusahaan agar mencarikan solusi bagaimana caranya sehingga limbah pabrik tersebut tidak mengganggu aktivitas warga.”Kami tidak larang beroperasi tapi carikan cara limbah itu tidak menggangu aktivitas kami. Karena sudah banyak anak-anak kami yang terserang penyakit,”harapnya.
Semetara General Superintendet PT Nindya Karya, Darwin Reinhard berjanji akan mencarikan solusi limbah tersebut yang mengganggu warga.”Kami sudah belikan alat peredam asap dan debu. Alatnya sementara dalam perjalan menuju ke sini (pabrik),”katanya. (her/C))

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top