Bupati Harap Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Bupati Harap Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran

BKM/ALALUDDIN PENGARAHAN -- Bupati Mamuju Utara, Agus Ambo Djiwa saat memberi pengarahan kepada para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Matra.

PASANGKAYU, BKM — Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Utara (Matra), Agus Ambo Djiwa dan Muh Saal, melakukan rapat evaluasi penggunaan anggaran dana desa (ADD) tahun 2016, di ruang pola kantor bupati Matra.
Rapat evaluasi penggunaan dana desa serta alokasi dana desa tahun 2016 juga persiapan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2017. Rapat tersebut turut dihadiri Sekkab Matra, kepala Kejari Matra, Wakapolres Matra, kepala SKPD terkait, camat dan sejumlah kepala desa serta ketua BPD se Matra.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Matra, Agus Ambo Djiwa, mengatakan, penggunaan dana desa di tanah air paling banyak tersandung masalah hukum. Untuk itu, kepala desa diminta berhati-hati dalam mengelola dana desa yang jumlahnya kini mencapai ratusan juta rupiah.
”Banyaknya kepala desa yang bermasalah dengan hukum dalam dal pengelolaan dana desa, itu disebabkan minimnya pemahaman para kepala desa dan aparatur desa dalam mengelola keuangan desa,” tutur Agus Ambo Djiwa.
Selain minimnya pengetahuan serta pemahaman aturan dalam penggunaan dan pengelolaan dana desa, tidak sinerginya antara kepala desa dengan BPD, juga menjadi salah satu penghambat pembangunan desa. Di hadapan seluruh kepala desa, bupati Matra dua periode tersebut juga menyampaikan agar penggunaan dana desa dimaksimalkan untuk membangun desa.
”Ssemua kepala desa bersama aparaturnya harus memaksimalkan anggaran desa, baik anggaran alokasi dari pusat maupun dana desa bersumber dari APBD. Sebab pembangunan desa tergantung pada pengelolaan keuangan desa yang baik,” kata Agus.
Dalam sambutannya, bupati juga menyampaikan kepada para kepala desa se kabupaten Mamuju Utara agar melaporkan BPD yang tidak aktif dan tidak pernah berkantor lagi untuk diusulkan dilakukan penggantian.
”Saya berharap kepala desa dan BPD terus bersinergi dalam mengawal pembangunan desa, agar program-program pemerintah untuk memandirikan desa dapat terwujud, sehingga desa tidak tergantung lagi dari APBD Pemkab,” katanya. (ala/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top