Politik

Arief Nilai Akademisi Figur Yang Bersih

MAKASSAR, BKM–Sosok akademisi yang akan bertarung di Pemilihan kepala daerah, baik itu Pemilihan Gubernur (Pilgub), Pemilihan bupati (Pilbup) maupun pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2018 nanti peluangnya cukup terbuka.
Untuk Pilgub Sulsel sosok akademisi seperti Prof Nurdin Abdullah yang juga guru besar Unhas ini sangat berpeluang.
Di Makassar juga ada akademisi yang selama ini terus disebut diantaranya Andi Mustaman mantan legislator DPRD Sulsel yang juga Ketua Yayasan Bhakti Bumi Persada yang membina STIE Wira Bhakti Makassar. Selain itu ada nama Ketua Yayasan Pendidikan Makassar Andi Endre Mallanti Cecep Lantara juga disebut-sebut akan ikut bertarung memperebutkan kursi yang saat ini diduduki Danny Pomanto.
Akademsi yang juga politisi PDIP Sulsel Alimuddin juga disebut bakal maju di Pilbup Jeneponto.
Dosen Hubungan Internasional Universitas Bosowa (Unibos) 45 Dr Arief Witjaksono,S.Ip,M.A mengatakan, Kehadiran akademisi pada kontestasi politik ada relevansi dengan kejenuhan terhadap praktek birokrasi yang terkesan lamban. “Para birokrat saat ini tak kunjung menyelesaikan masalah-masalah yang ada,”ujar Arief, Minggu (6/11).
Menurutnya, semakin besarnya ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintahan, yang dalam prosesnya tidak hanya membutuhkan dukungan publik, tetapi juga dukungan politik dari partai politik.
“Secara kelembagaan, masyarakat juga sudah kurang percaya lagi dengan partai politik dan DPRD,”jelasnya Untuk itu, menurut Arief, akademisi sangat bisa menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat, apalagi jika memiliki prestasi dibidangnya atau ditempat lain. “Figur akademisi ini sering dimaknai sebagai yang bersih dan kurang bersentuhan dengan faktor-faktor penyebab korupsi. Sehingga poin inilah yang akan melariskan jualan ke masyarakat,” terangnya.
Terkait peluang menang, menurut Arief bagi akademisi yang maju dalam kontestasi demokrasi sama dengan kandidat yang berasal dari parpol. “Akademisi saat ini harus mengambil sikap, apakah ingin bertarung melalui jalur partai atau independen. Semua tergantung dari strategi dan taktik tim masing-masing,”pungkasnya. (jun/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top