Ribuan Anak Muda Diprovokasi Lawan KDRT – Berita Kota Makassar
Metro

Ribuan Anak Muda Diprovokasi Lawan KDRT

MAKASSAR, BKM — Sekitar seribu anak muda dari berbagai SMA dan perguruan tinggi di Makassar ambil bagian dalam upaya mencegah timbulnya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Mereka berkumpul di Hotel Clarion Makassar, Jumat (4/11) dan menelurkan deklarasi Komunitas Pemuda Sulsel Cegah KDRT sejak dini.
Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan langsung Deputi Bidang Perlindungan Hak Anak dan Perempuan, Venetia dan Asisten III Bidang Kesejahteraan Pemprov Sulsel, Sidik Salam yang mewakili gubernur, serta Kepala Badan Perlindungan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana, Andi Murlina.
Deklarasi yang digaungkan itu, intinya menolak KDRT apapun bentuknya.
Untuk membuka mata para anak muda untuk melek KDRT, momen itu juga dimanfaatkan Kementerian Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Badan Pemberdayaan Perempuan melakukan sosialisasi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga sejak Dini.
Deputi Bidang Perlindungan Hak Anak dan Perempuan, Venetia mengemukakan, banyak faktor yang menyebabkan timbulnya KDRT. Mulai dari persoalan patriarki yang memandang perempuan lebih rendah dibanding laki-laki, dan masalah ekonomi. Tak jarang KDRT menjadi faktor utama dalam perceraian.
Dia menilai, pencegahan
KDRT sejak dini merupakan langkah fundamental.
“Karena itu, anak muda wajib tahu langkah-langkah penanganan KDRT itu,” kata Venetia.
Sementara itu, Asisten III, Sidik Salam menekankan persoalan KDRT seharusnya wajib dimasukkan dalam kurikulum sekolah sehingga kesadaran terkait persoalan itu bisa lebih jelas.
“Ini kan, kadang ada yang sudah mengalami KDRT tapi mereka tidak sadar kalau jadi korban,” jelasnya.
Meningkatnya kasus KDRT saat ini cukup memprihatinkan. Diharapkan agenda aksi yang terus didengungkan bisa menurunkan KDRT. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top