Sulselbar

Polisi Belum Serahkan Berkas Narkoba

PAREPARE, BKM — Koordinator LSM Kota Parepare, As Oedin mempertanyakan berkas kasus narkoba dari 28 tersangka 16 diantaranya adalah tersangka narkoba belum dilimpahkan ke kejaksaan, padahal masa tahanan para tersangka sudah hampir selesai.
Bilamana tidak diserahkan maka otomatis sesuai acara hukum pidana, maka tersangka harus lepas karena sudah tiba masa tahananya.”Kalau ini lamban, maka bisa bebas para tahanan narkoba di polisi, karena sudah dua kali perpanjangan tahanan,”tuturnya.
Oedin berharap penyidik bekerja profesional, walaupun dalam 28 tersangka itu ada dua oknum polisi dan PNS terlibat maka tetap mengedepankan proses hukum tanpa pandang bulu.
“Harus diproses hukum tanpa melihat status pelakunya,”tuturnya.
Oedin merincikan dari 28 tersangka dengan jumlah 16 narkoba di tangkap oleh polisi antara lain, 2 kilogram tersangkanya, 14, tapi baru 6 berkas rampung tahap pertama sisanya belum ada.
Kasus narkoba sebanyak 5 kilogram ditangkan, dimana 2 oknum polisi dan satu PNS terlibat, namun berkasnya yang ada sebanyak 3 orang belum termasuk kedua oknum polisi tersebut.
Delapan kilogram narkoba dan 4 tersangkanya, sudah ada namun belum lengkap, dan satu kilogram narkoba dengan 4 tersangka berkas ada tapi belum lengkap,”jadi kenapa pihak kepolisian tidak mengkapi berkas baru dilimpahkan,”tanya Oedin.
Kasat Narkoba, AKP Doni, membenarkan bahwa belum ada berkas yang lengkap diserahkan ke kejaksaan, hanya saja pihak kepolisian sudah melakukan tahap pertama namun belum P21 karena belum dinyatakan lengkap oleh kejaksaan.
Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Parepare Andi Kurnia membenarkan jika berkas 28 tersangka narkoba belum dinyatakan lengkap.
“Jadi kalau belum lengkap maka kami kembalikan ke penyidik untuk melengkapi berkas tersebut,”tuturnya. (smr/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top