Penentuan Tarif Interkoneksi Ditunda – Berita Kota Makassar
Bisnis

Penentuan Tarif Interkoneksi Ditunda

JAKARTA, BKM — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menunda penentuan tarif interkoneksi. Penyebabnya, antara regulator dan masing-masing operator seluler masih belum menemukan titik temu mengenai besarannya.
Dalam surat Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor: S- 1668/M.KOMINFO/PI.02.04/11/2016 tanggal 2 November 2016, pembahasan tarif interkoneksi ditunda hingga tiga bulan ke depan, terhitung mulai 2 November 2016.
Setelah penundaan ini, Kemenkominfo bakal membentuk tim verifikator independen yang akan mengkaji kembali tarif interkoneksi. Tim verifikator ini ditunjuk bersama-sama operator seluler. Penghitungan tarif tersebut berdasarkan tiga skema.
Pertama, memakai tarif Rp204 berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor: 1153/M.Kominfo/ PI.0204/08/2016. Kedua, bisa memakai referensi tarif interkoneksi lama yakni Rp250. Ketiga, berdasarkan perjanjian kerja antara operator seluler.
Menurut Achmad M Ramli, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, tiga bulan ke depan tim verifikator akan menghitung interkoneksi paling ideal bagi semua pihak. ”Hasil verifikator menjadi acuan keputusan kami,” katanya. (*mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top