Gojentakmapan

Pejabat Ramai-ramai Tanam Jagung

GOWA, BKM — Gerakan swasembada pangan terus digalakkan di kabupaten Gowa sebagai tindak lanjut seruan pemerintah pusat. Seperti dilakukan jajaran pejabat bersama masyarakat tani di kelurahan Romang Lompoa, kecamatan Bontomarannu, Rabu (2/11). Tanam jagung bersama ini sekaligus menjadi simbol dimulainya masa tanam. Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni bersama Kapolres Gowa, AKBP Ivan Setiadi, Dandim Gowa, Letkol Inf Willy Brodus Yos Rohadi bersama Kadis Pertanian Gowa, H Zulkarnain secara langsung menanam jagung di areal pertanian tersebut.
Jagung yang ditanam merupakan jagung hibrida bantuan dari dinas pertanian provinsi Sulsel. Program ini merupakan kerjasama dengan Polda Sulsel melalui anggaran APBN-P tahun 2016. Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni, mengatakan, potensi yang dimiliki kabupaten Gowa cukup besar. Rata-rata selama empat tahun terakhir produksi jagung di Gowa mencapai 241.778 ton atau 13,4 persen dari sasaran over stok produksi jagung Sulsel 1.8 juta ton.
Potensi ini, kata Rauf, masih dapat dikembangkan dengan lahan sekitar 50.000 hektare dan yang baru dimanfaatkan setiap tahunnya baru sekitar 42.000 hektare. ”Besarnya perhatian di sektor pertanian karena penyumbang PDRB terbesar dari sektor. Mata pencaharian mayoritas adalah sebagai petani. Oleh sebab itu, program pemerintah pusat selalu direspon cepat untuk peningkatan produksi dan pendapatan petani,” tambah Wabup.
Kapolres Gowa, AKBP Ivan Setiadi dalam kesempatan itu mengatakan, kepolisian ikut ambil bagian dalam program nasional ketahanan pangan. Secara keseluruhan program penanaman jagung hibrida berlangsung di 8 kecamatan di Gowa meliputi kecamatan Bontomarannu, Pattalassang, Manuju,Tompobulu, Biringbulu, Bungaya, Botolempangan, dan kecamatan Tombolopao.
Luas lahan yang ditanami 15.000 hektare dengan bantuan benih 225.000 kilogram. Sedangkan lahan khusus seluas 6.635 hektare dengan bantuan benih 99.525 kilogram. Bibit jagung yang ditanam terdiri lima varietas, yakni bisi, pioner, bima pertiwi, dan nusantara. Rencananya, panen perdana akan dilakukan Februari 2017 mendatang. (sar/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top