Motivator dan Pemateri Seminar Internasional di Usia Muda – Berita Kota Makassar
Headline

Motivator dan Pemateri Seminar Internasional di Usia Muda

IST Algha Sanjaya

ADA banyak yang bisa dicetak seorang mahasiswa ketika duduk di bangku kuliah. Jika ingin, bukan hanya skala lokal maupun nasional, tapi prestasi level internasional juga bisa direngkuh. Tinggal kemauan untuk meraihnya.

Laporan: Ardhita Anggraeni

NAMA Algha Sanjaya. Ia mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Kacamata minus merupakan salah satu ciri khasnya.
Saat ini, Algha tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kota Parepare. Karenanya, BKM tak bisa menemuinya secara langsung. Jadilah ia menuturkan kecintaannya terhadap menulis melalui sambungan telepon.
Sudah banyak penghargaan yang diraih Algha dari kebiasaannya menulis. Bahkan dalam waktu dekat, ia akan mengikuti konferensi internasional di Korea terkait pendidikan dan media pembelajaran.
Sebelumnya, ia telah meraih penghargaan karya tulis ilmiah dari Malaysia dan Jepang. Di usianya yang beranjak 21 tahun, Algha sudah sering menjadi motivator dan pemateri dalam acara seminar nasional dan internasional.
Tidak sedikit ia juga terjua di organisasi sosial yang membela hak-hak anak yang terintimidasi oleh metode pengajaran dan pendidikan yang didapatkan saat ini. Termasuk anak-anak yang kerap mendapat perlakuan kasar dari lingkungan sekitarnya.
‘”Dari semua karya yang saya hasilnya, saya ingin memperlihatkan kepada masyarakat Indonesia bahwa metoda pembelajaran kita terhadap anak saat ini sangat salah. Apalagi pembelajaran persoalan korupsi yang kita ketahui hanya merampok uang rakyat. Padahal jika anak-anak menyontek ataupun berbohong, itu adalah bentuk korupsi yang ditakutkan akan mengikut hingga ia besar nanti,” terangnya.
Pemuda yang lahir di Klaten, 15 Maret 1995 ini membeberkan hasil karyanya yang telah banyak dipromosikan dalam berbagai seminar. Untuk skala nasional dan internasional, sudah 30 karya tulisnya telah dipublis.
Ia juga merupakan finalis LKTI nasional, finalis lomba esai nasional, pengajar dan relawan pendidikan, anggota IKBIM UNM, anggota Indonesia Young Progress Makassar, pengurus KIHADE Makassar, konselor Sebaya, Presdir Children Care Community Makassar dan pendiri Forum Negarawan Muda Sulawesi.
“Kamu masih terlalu muda untuk pensiun sebagai pengubah dunia. Hancurkan rasa malasmu dan siapkan strategi terbaik untuk menjadi yang terbaik. Itu motto hidup saya. Alhamdulillah, ini yang sering dijadikan motivasi orang lain untuk lebih baik,” jelasnya.
Sebagai anak muda yang sering menjadi pemateri sekaligus motivator dalam berbagai kegiatan. Algha menyebut kegagalan adalah mitos. ”Dahulukan akhirat, maka dunia akan mengikutimu. Dan terakhir, Allah tidak akan salah alamat,” ucapnya. (*/rus/b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top