Asri Sosialisasikan Empat Pilar – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Asri Sosialisasikan Empat Pilar

PASANGKAYU, BKM — Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Muhammad Asri Anas memberi pemahaman kepada para generasi muda khususnya pelajar di SMK Negeri 1 Sarjo, kabupaten Mamuju Utara (Matra) agar tetap menjunjung tinggi nila-nilai dari empat pilar bangsa. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan Asri Anas saat berkunjung ke daerah pemilihannya di Sulbar.
Di hadapan ratusan siswa di sekolah tersebut, Asri kembali menyebut ada 4 pilar bangsa yang harus diketahui untuk selanjutnya benar-benar dipahami generasi saat ini. ”Pancasila adalah ideologi negara. UUD 1945 sebagai konstitusi negara, kemudian NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Hal ini harus diketahui generasi sebagai dasar dalam memahami apa itu pilar bangsa,” sebut senator dua periode itu, kemarin.
Asri juga menjelaskan, ada beberapa tantangan Indonesia saat ini. Tantangan tersebut juga harus dipahami oleh generasi, agar dapat membantengi dirinya dari berbagai hal yang dapat merusak tatanan berbangsa dan bernegara.
Pertama, kata Asri, masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit. Kedua, pengabdian terhadap kepentingan daerah serta timbulnya fanatisme kedaerahan. Ketiga, kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinekaan dan kemajemukan. Keempat, kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagian pemimpin dan tokoh bangsa, dan terakhir, tidak berjalannya penegakan hukum secara optimal.
”Hal ini harus diketahui segenap generasi. Olehnya, pemahaman 4 pilar ini sangat penting dipahami oleh generasi, sebagai bekal adik-adik kita di sekolah sebagai generasi bangsa yang kuat, cinta terhadap negara,” katanya.
Selain bersosialisasi 4 pilar, pimpinan Badan Anggaran (Banggar) MPR RI ini juga memberikan motivasi kepada ratusan siswa di sekolah itu. ”Saat ini ada 51 juta lebih anak-anak SMA/SMK dan sederajat seluruh Indonesia. Adik-adik akan bersaing dengan mereka semua. Kalau adik-adik tidak memiliki kualitas yang bagus, percayalah adik-adik tidak akan bisa berkompetisi dengan mereka,” ucap Asri.
Olehnya, Asri berharap agar siswa di SMK I Sarjo Matra bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sukses di masa mendatang. ”Orangtua adik-adik akan bangga kalau melihat adik-adik sukses. Orangtua bisa menangis karena kesuksesan adik-adik. Jangan sebaliknya, menagis karena melihat adik-adik tidak sukses dan membebani mereka. Untuk sukses harus mengusai 3 hal. Pertama, menguasai ilmu pengetahuan. Kedua, adik-adik harus menguasai teknologi. Ketiga, menguasai kapital atau memiliki modal,” jelas Asri.
Asri juga menyampaikan, untuk menjadi anak yang sukses, generasi harus memiliki mimpi untuk sukses. Mimpi, kata Asri, adalah kunci dalam menggapai kesuksesan. ”Sukses itu berawal dari mimpi yang besar, memiliki strategi dan berani untuk melangkah dalam mewujudkannya. Jangan pernah meremehkan impian itu. Jangan pernah menjalani hidup tanpa impian,” terangnya.
(ala/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top