4 Anggota Dewan Kembali Beraktifitas – Berita Kota Makassar
Politik

4 Anggota Dewan Kembali Beraktifitas

PAREPARE, BKM–Empat Anggota DPRD yang tersandung kasus korupsi tunjangan perumahan tahun anggaran 2004-2005 akhirnya kembali beraktifitas setelah kurang lebih 2 tahun dinonaktifkan oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Keempat anggota dewan itu masing-masing legislator Golkar, Kaharuddin Kadir yang menjabat sebagai ketua, legislator Golkar Minhajuddin Achmad selaku anggota, legislator PKS Muhammad Iqbal Khalik sebagai anggota dan Legislator PBB Sudirman Tansi juga selaku anggota.
Keempatnya diaktifkan kembali menjadi anggota dewan lantaran tidak terbukti bersalah atas kasus yang ditudukan kepadanya.
Berdasarkan surat ketua Pengadilan Negeri (PN) Makassar nomor W22.U1-Makassar/2481/HPDN/IX/2016 tanggal 13 September 2016 prihal penjelasan hukum mengenai putusan Pengadilan Tinggi (PT) Tipikor (tindak pidana korupsi) pada PN Makasar, nomor 96/pid.sus/PTK/2014 tgl 16 Maret 201/ yang amarnya berbunyi antara lain menyatakan terdakwa Kaharuddin Kadir, Muhammad Iqbal Khalik, Minhajuddin Achmad dan Sudirman Tansi dinyatakan tidak terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi pada dakwaan primer dan skunder dan membebaskan terdakwa dari dakwaan tersebut serta memulihkan hak para terdakwa dalam kemampuan, kedudukan serta harkat dan martabat.
Atas dasar itulah, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe melayangkan surat bernomor 100/904 pem tanggal 19 Sept 2016 prihal pengusulan pengaktifan kembali anggota dewan yang pada pokoknya atas surat pengadilan tersebut.
Sehingga Gubernur Sulsel, SYL mengeluarkan SK bernomor : 2239/XI/Tahun 2016 dengan memutuskan, meresmikan kembali 4 anggota dewan, Sesuai kedudukanya, ditetapkan 1 November 2016. Ditanda tangani Gubernur SYL agar diaktifkan kembali menjadi anggota dewan.
Adanya SK dari Gubernur yang diterima masing-masing anggota dewan non aktif itu, maka langsung menyampaikan kepada pemerintah dan DPRD untuk keaktifanya. “Kami sudah sampaikan kepada pemerintah maupun DPRD untuk pengaktikan kembali anggota dewan, sesuai SK Gubernur yang kami terima,”kata Kaharuddin Kadir yang kembali menjadi ketua DPRD Parepare.
Wakil ketua DPRD, Rahmat Sjam membenarkan bila dewan sudah menerima surat pengaktifan kembali keempat wakil rakyat. Selanjutnya dewan akan melakukan rapat Bamus untuk menjadwalkan rapat paripurna guna mengaktifkan keempat anggota dewan itu,”Kami rapat Bamus dulu untuk menjadwalkan pembahasan rapat paripurna untuk pengaktifan kembali keempat anggota DPRD tersebut,”jelas Rahmat yang sudah mengagendakan rapat Bamus pada Senin (7/11) pekan depan. (smr/rif/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top