Kalatiku Resmikan RS Pratama Pongtiku – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Kalatiku Resmikan RS Pratama Pongtiku

BKM/AGUS BURHAN TEKEN -- Bupati Kalatiku Paembonan menanda tangani prasasti peresmian RS Pongtiku, Senin (31/10)

RANTEPAO, BKM — Bupati Toraja Utara Kalaktiku Paembonan meresmikan Rumah Sakit Pratama tipe D Pongtiku Toraja Utara di Buntu Mapaken, Senin (31/10). RS tersebut berkapasitas 50 tempat tidur.
Menurut Bupati, fasilitas RS merupakan aset daerah setelah 8 tahun berpisah dari Tana Toraja. Hal ini merupakan sarana penunjang untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.
Kehadiran rumah sakit sudah lama jadi impian kita bersama dan hari ini akhirnya bisa diwujudkan. Dikatakan Kalatiku, namanya rumah sakit pertama dan baru, tipe dan kelasnya tentu juga dimulai dari D. Meski demikian, tingkatkan RS Pongtiku ke tipe C, segala daya dan upaya akan kami kerahkan tanpa kengindahkan aturan telah ada.
Kadis Kesehatan dr Henrik Kalatimang mengatakan RS Pongtiku diatas lahan 6,6 ha, mendapat alokasi anggaran tugas pembantuan dari Kemenkes.
Pembangunan RS dimulai tahun 2013 lalu dan selesai tahun 2015 dan menghabiskan angaran Rp 25 milyar untuk pembangunan fisik, IPAL dan Alkes. Pada tahun 2017 kembali mendapat bantuan dari Kemenkes mobil ambulance rujukan. Anggaran dari DAU sebesar Rp 1.150 juta, dan lokasi tanah pembangunan RS hibah dari masyarakat Tallunglipu dan sudah bersertifikat.
RS Pongtiku memiliki 50 kamar, poli klinik, UGD, kamar operasi, laboratorium, peralatan RS standar, dan tegangan listrik 100 kv ampere. (gus/C).

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top