Desa dan Lurah Punya Hambatan Sama – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Desa dan Lurah Punya Hambatan Sama

MAMUJU, BKM — Untuk mengoptimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pajak, wakil bupati Mamuju yang diberi amanah oleh bupati Mamuju melalui SK sebagai koordinator, telah melakukan monitoring ke kecamatan untuk melakukan evaluasi PAD dan pajak. Kali ini, Wakil Bupati Mamuju, H Irwan SP Pababari langsung menggelar pertemuan di aula kecamatan Tapalang, Senin (31/10).
Pertemuan tersebut diikuti seluruh desa dan lurah dari kecamatan Tapalang dan Tapalang Barat. Pada kesempatan tersebut, masing-masing desa dan lurah diberi kesempatan untuk menyampaikan hambatan-hambatan yang dialami dalam menangani pajak pada wilayah masing-masing. Ternyata, hampir semua desa dan lurah memiliki hambatan sama, yakni objek pajak atau penagihan pajak ada yang dobel.
Selain itu, ada wajib pajak yang tidak berada di lokasi namun objek pajaknya berada di daerah tersebut. Juga kerap terjadi kecemburuan sosial di masyarakat, karena sebagian dalam objek pajak masyarakat tersebut ada yang terisi bangunan ada juga yang kosong. Sehingga pembayaran pajak ada yang besar dengan lokasi kecil, dan ada juga lokasi besar tetapi pembayaran kecil. Ditambah lagi objek pajak, kadang masyarakat mempunyai lima titik lokasi, tetapi telah mendapat surat pajak hingga sepuluh titik lokasi.
Menanggapi hal ini, Irwan SP Pababari mengatakan, meski lokasi tersebut tidak berdiri bangunan tetap pajak harus dibayar. Dan pajak mengikut pada objek pajak bukan pada pemilik pajak. ”Ini harus kita pahami bersama, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) itu meski di lokasi tersebut tidak berdiri bangunan tetap kita bayar. Karena disitu terdapat buminya,” terangnya.
Ia juga menambahkan, pajak itu tidak mengikut orang tetapi mengikut objek pajaknya. ”Misalkan di Tanete Pao objek pajaknya, ya Tanete Pao yang ambil pajaknya, meski pemilik pajaknya berada di luar dari Tanete Pao,” jelasnya. (ala/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top