Metro

Warga Desak Izin Rumkit Hermina Dicabut

MAKASSAR, BKM–Keberadaan rumah sakit (rumkit) Hermina yang terletak di Jalan Toddopuli Raya Timur, Kelurahan Borong kecamatan Manggala, menuai protes dari warga setempat. Soalnya bangunan rumkit tersebut memiliki izin tanpa kajian yang benar, dan bahkan diduga proses izin yang terbit akibat adanya penyalagunaan wewenang.
Misalnya penerbitan IMB, amdal, amdal lalin dan lain lain.
“Keberadaan bangunan rumkit itu tidak pernah disosialisasikan kepada warga. Dalam proses penerbitan IMB kan mesti ada izin warga setempat. Pada penerbitan andal lalinnya, lokasi Toddopuli Raya Timur merupakan salah satu ruas jalan yang rawan macet,” tegas Koordinator Forum Warga Toddopuli, Misbahuddin, Selasa (1/11).
Menurut Misbahuddin, izin lingkungan yang dimiliki mestinya dilakukan kajian berupa amdal. Karena bangunan rumah sakit itu tergolong spesifik. Warga khawatir akan timbul pencemaran lingkungan dan dampak lainnya,” terang Misbahuddin.
Misbahuddin juga menambahkan, warga setempat sebelumnya telah melakukan rapat dengar pendapat DPRD Makassar agar meminta pihak pemkot menyikapi problem ini lebih serius.
“Kami meminta pihak pemkot mencabut izin IMB, amdal UKL dan UPL serta andal lalinnya,” katanya.
Parahnya kata Misbahuddin, dalam proses pengurusan izin rumkit tersebut diduga telah terjadi penyalagunaan wewenang pihak yang mengeluarkan izin, termasuk surat keterangan pemerintah setempat dalam proses pengurus izin. “Kami juga minta pihak kejaksaan mengusut masalah ini karena telah terjadi penyalagunaan wewenang, yang tidak menutup kemungkinan terkait materi,” katanya.
Sementara itu, Sekdis BLHD Kota Makassar, Nirman Niswan mengatakan, pihak rumkit Hermina sudah memiliki izin lingkungan berupa UKL UPL. Karena luasan bangunan dibawah 10 ribu meter persegi. Dan juga telah dilakukan kajian melakui tim penilai SKPD terkait.
“Pemberian izin ini berdasarkan UU 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan berdasarkan Permen LH No 5 tahun 2012 tentang Rencana Jenis Usaha jenis Amdal. “Kita akan pantau juga konstruksi sesuai dengan izinnya,” kata Hirman.
Adapun luas lahan 6440 m2 dan berlantai 5. Sementara luas bangunan rumkit tidak sampai 10 ribu m2 dan dikerjakan pihak perusahaan Medika Loka Makassar, Viktor Tritno. (ucu/war/b)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top