Sulselbar

Masyarakat Antusias Ikut Acara Adat

ADAT -- Asisten I Pemkab Soppeng Saryanto didampingi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng H Andi Unru pada acara Adat Pattaungen Tampaning, Minggu (30/10)

SOPPENG, BKM — Antusias masyarakat mengikuti acara Adat Pattaungen Tampaning Desa Patampanua Kecamatan Marioriawa cukup tinggi. Hal itu dapat dilihat pada acara pesta adat Pattaungen Tampaning Desa Patampanua Kecamatan Marioriawa, Minggu (30/10).
Suasana tiba-tiba jadi ramai pada hal kampung Tampaning hanya sekitar 40 unit rumah namum ada ribuan pengunjung yang datang untuk menyaksikan pesta adat tersebut yang berlangsung selama tiga hari mulai 28-30 Oktober mendatang.
Sesepu kampung Tampaning H Herman yang juga anggota DPRD Soppeng kepada BKM Senin (31/10) mengatakan pesta adat Pattaungen Tampaning,rutin dilaksanakan setiap tahun namun yang ramai seperti sekarang ini itu dilaksanakan ketika Beduk yang terbuat dari kulit Kerbau ada di Masjid kampung Tampaning sudah rusak itu bertanda adat Pattaungen sudah waktunya lagi di gelar.
“Ia jika beduk di masjid rusak maka masyarakat yang bermukim di kampung Tampaning berembuk, membicarakan kapan bisa dilaksanakan pesta”,” ujar H Mare.
Dari kulit Kerbau yang dipotong maka beduk yang tadinya rusak akan diganti yang baru selanjutnya kulit Kerbau yang rusak itu dijadikan ayunkan sebagai kelengkapan ritual Pattaungen.
“Dalam acara Adat Pattaungen Tampaning ada beberapa agenda, Mappadendang, Mattojang, Massanya (sabung ayam) Marraga, maskapai, marhaenis.
Namun sebelum kerbau di potong terlebih dahulu kerbau diarak mengelilingi kampung (Mallili kampung) sebagai simbol pagar kampung dari segala marah bahaya.
Dia menambahkan seluruh sesepu Tampaning yang tersebar di seluruh indonesia di hubungi mengikuti acara Adat Pattaungen. Mereka datang kalau tidak sempat datang pasti ada keluarganya yang diutus untuk mengikuti acara Adat Pattaungen Tampaning.
Kades Patampanua Amirudin mengatakan bahwa Pesta Adat Pattaungen Tampaning selain karena adanya rasa memiliki juga di jadikan sebagai ajang silaturahim, bagi keturunan Tampaning yang tersebar di seluruh indonesia bahkan ada yang dari Arab kata Kades Patampanua.
“Karena adanya rasa memiliki maka mereka selain datang untuk menyaksikan Pesta Adat Pattaungen juga mereka memberikan sumbangan berupa material,demi suksesnya acara ini”.ungkap Amirudin
Anggota DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara Sudarmin merupakan warga Tampaning ikut dalam acara Adat Pattaungen Tampaning merupakan salah satu yang sakral bagi kami makanya itu setelah acara Adat Pattaungen Tampaning akan di gelar maka wajib hukumnya kami menghadirinya.
“Selain sakral acara Adat Pattaungen ini,juga bisa mempertemukan anak cucu yang mereka tidak saling kenal,melalui acara ini kita sudah bisa saling kenal satu dengan yang lainnya dan merupakan ajang silaturahim bagi keluarga keturunan Tampaning”ungkapnya.
“Tadinya ada yang tidak tau ini anaknya ini setelah kita berkumpul maka saling kenal apa lagi kita bermalam,keluarga dari Jakarta Kaltim, Papua, Toli Toli, Surabaya semuanya bisa bertemu di tempat ini dan kami tidak undang asal kami dengar kabarnya maka kami datang”katanya.
Bupati Soppeng yang diwakili Asisten I Saryanto mengapresiasi kegiatan masyarakat Tampaning Dirinya meminta supaya adat seperti ini supaya dipertahankan. (ono/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top