Headline

Lima Remaja Pembakar DPRD Dikembalikan ke Orang Tua

GOWA, BKM — Sidang kasus pembakaran gedung DPRD Gowa September lalu, memasuki sidang putusan, Selasa (1/11) siang. Lima remaja di bawah umur masing-masing MR (13), Ns (15), Nr (16), Ard (16) dan Nrs (16) yang menjadi terdakwa dalam kasus ini, sesuai putusan pengadilan dikembalikan ke orangtua masing-masing, namun tetap dalam pengawasan pengadilan.
Putusan tersebut disampaikan Hakim Ketua, Ilham dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Sungguminasa, Selasa (1/11). Majelis hakim mendasarkan putusannya pada pertimbangan bahwa kelima anak tersebut masih di bawah umur dan berstatus pelajar.
Terkait putusan hakim, Jaksa Penuntut Umum (JPU) belum sepakat. Karenanya, JPU diberikan waktu tujuh hari kerja untuk mengajukan banding atau tidak atas putusan hakim.
Hakim Ketua, Ilham menjelaskan bahwa putusan yang telah dibacakan tersebut masih menunggu sikap dari JPU. “Kalau putusan masih dalam proses, jadi tidak bisa dikomentari dulu putusannya. Karena JPU masih pikir-pikir selama tujuh hari kerja, apakah mengajukan banding atau tidak,” kata Ilham kepada wartawan usai persidangan.
Sementara Abdul Gofur, kuasa hukum para terdakwa mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi jika JPU mengajukan banding atas putusan hakim.
“Kita sepakat dengan putusan hakim, karena anak itu akan melanjutkan sekolahnya. Tadi kami juga mengajukan permohonan penanggungan penahanan, untuk mengantisipasi JPU memasukkan banding, tapi masih pikir-pikir selamat tujuh hari kerja,” kata Abdul Gofur.
Abdul Gofur juga mengatakan, pihaknya akan terus memperjuangkan masa depan kelima anak tersebut. ” Kami tunggu perkembangan selanjutnya, apakah JPU mengajukan banding atau tidak, ” ujarnya. (sar/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top