Metro

Usulan UMP sudah di Meja Gubernur

MAKASSAR, BKM — Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulsel untuk tahun 2017 bakal ditetapkan. Saat ini, usulan UMP dari Dewan Pengupahan sudah ada di tangan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Namun, usulan itu belum ditandatangani gubernur.
Usulan tersebut sebesar Rp2,437 juta. Nilainya naik 8,25 persen dari UMP tahun ini yakni sebesar Rp2,250 juta.
Meski begitu, Syahrul berjanji akan berpihak kepada butuh. Tentu tanpa mengabaikan pengusaha.
“Kita pasti berpihak kepada buruh. Tetapi ingat, pengusaha itu juga perlu kita jaga. Butuh dan pengusaha itu saling bergantung, jadi harus dipertimbangkan keduanya,” kata Syahrul, Senin, 31 Oktober.
Usulan tersebut masih mendapat penolakan dari serikat buruh. Kenaikan yang diharapkan pihak buruh minimal sama seperti tahun lalu yakni 11,5 persen.
“Di Sulsel sebenarnya UMP kita sudah cukup tinggi. Tetapi pasti kita akan pertimbangkan kenaikannya seperti apa. Pertumbuhan ekonomi kita naik, tetapi jangan sampai juga memberatkan pengusaha,” tukas Syahrul.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Agustinus Appang mengatakan, usulan dari Dewan Pengupahan sudah sesuai aturan. Meski begitu, penentuan kenaikan tetap menjadi hak penuh gubernur.
“Kita tunggu saja apa keputusan beliau. Kan sudah ada usulan, tentu Pak Gubernur punya pertimbangan sendiri untuk penentuannya,” katanya. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top