Metro

FIS UNM Tuan Rumah Forum Pimpinan FIS

MAKASSAR, BKM– Universitas Negeri Makassar, khususnya Fakultas Ilmu Sosial, memperoleh kepercayaan sebagai tuan rumah Forum Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Se-Indonesia. Sebanyak 18 pimpinan LPTK pendidikan ilmu sosial, baik negeri maupun swasta berkumpul di Makassar.
Kegiatan itu digelar sebagai rangkaian Pengukuhan Pengurus Pusat Himpunan Sarjana Ilmu Pendidikan Sosial Indonesia (HISPISI). Selain pertemuan forum pimpinan dan pengukuhan pengurus pusat, juga dilaksanakan seminar nasional.
Prof Hasnawi Haris yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNM, selaku tuan rumah mengemukakan bahwa pertemuan forum pimpinan menghasilkan sejumlah kerja sama. Melalui forum itu juga disepakati dan telah ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang riset kolaborasi, penerbitan jurnal nasional dan internasional, dan penerbitan buku yang ditulis bersama dosen-dosen dari fakultas ilmu sosial.
Selain itu, turut ditandatangani pula Memorandum of Agreement antarprodi di lingkungan FIS, FPIPS, dan FISH se-Indonesia.
Sebelum penandatangan MoU di forum pimpinan, terlebih dahulu dilaksanakan pengukuhan Pengurus Pusat HISPISI 2016-2020. Pengurus yang dikukuhkan di antaranya Prof Warsono, yang juga Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai Ketua Umum dan Prof Hasnawi Haris (Dekan FIS UNM) sebagai Sekretaris Jenderal. Jajaran Pengurus Pusat HISPISI yang hadir dan dikukuhkan sebanyak 65 orang yang merupakan perwakilan dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Sebanyak 7 orang dosen FIS UNM terpilih sebagai pengurus harian dan 5 orang sebagai dewan pakar dan dewan pertimbangan. Pengukuhan berlangsung di Ruang Sidang Senat UNM, Menara Pinisi Lantai 14.
Forum pimpinan FIS juga dirangkaikan dengan Seminar Nasional bertema “Pendidikan dan Pengembangan Karakter Bangsa dalam Rangka Daya Saing Global”. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Clarion itu menghadirkan tiga orang pembicara utama, yakni Prof Ravik Karsidi (Rektor Universitas Sebelas Maret, Solo), Prof Said Hamid Hasan (Guru Besar Pendidikan Ilmu Sosial UPI Bandung), dan Dr Paristianti Nurwardani (Direktur Pembelajaran Belmawa Kemristek Dikti). Ketua Panitia Pelaksana, Dr Jumadi Sahabuddin, mengemukakan bahwa kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh akademisi dan praktisi pendidikan ilmu sosial. Jumlah peserta sangat banyak, bahkan tidak dapat diakomodasi secara keseluruhan oleh panitia. (rls)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top