Berita Kota Makassar | SYL Bangga, NH Senang
Headline

SYL Bangga, NH Senang

MAKASSAR, BKM — Ratusan ribu massa dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan tumpah ruah di Pantai Losari, Minggu (30/10) pagi. Mereka ikut menyemarakkan Jalan Sehat Bela Negara yang diselenggarakan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI Polri (FKPPI).
Pada waktu yang hampir bersamaan, di lokasi berbeda juga digelar Jalan Sehat Golkar (Jago). Pelepasan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto (Setnov) dilakukan di depan Monumen Mandala Jalan Jendral Sudirman.
Di jalan sehat bela negara dalam rangka Hari Ulang Tahun FKPPI ke-38, berbagai warna dan atribut menyatu. Tidak saja diikuti keluarga besar FKPPI dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel, namun juga sejumlah organisasi kemasyarakatan, lintas parpol, aparatur sipil negara (ASN) dari berbagai instansi dan masyarakat biasa.
Bahkan, tim sukses salah satu calon bupati/wakil bupati Takalar, Syamsari Kitta-Achmad Dg Se’re turut memeriahkan acara. Dengan menggunakan mobil, sekitar 2.000 massa pasangan calon tersebut bergabung dengan peserta jalan sehat FKPPI.
Ketua Partai Nasdem Sulsel, Rusdi Masse juga menurunkan massa yang cukup banyak.
Selain itu, kader PAN yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ashabul Kahfi dan kader PKS serta Partai Hanura juga terlihat diantara ratusan ribu orang.
Organisasi massa atau komunitas, ada dari Yayasan Jantung Sehat, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Kadin, Komunitas Punggawa, Satgas Kota, Barisan Muda Gowa, KNPI dan lainnya.
Ketua Panita Pelaksana, Andi Bakti Haruni mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi, jumlah peserta Jalan Sehat FKPPI lebih dari 100 ribu orang.
“Hitung-hitungan kami, ada sekitar 112 ribu massa yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Kalau panjang lintasan 4.500 meter dibagi jarak 40 cm saja per orang, padahal itu sudah berdempet, dikali 10 orang saja per lajur, maka jumlahnya lebih dari 100.000 orang,” beber Andi Bakti di sela-sela acara, Minggu (30/10).
Jalan Sehat dibuka langsung Ketua Umum FKPPI, Surya Paloh. Sejumlah tokoh nasional terlihat hadir di arena Jalan Sehat. Diantaranya, Menteri Pertahanan dan Keamanan Ryamizard Ryacudu, mantan Bupati Gowa Ichsan YL, Bupati Sidrap Rusdi Masse, Bupati Luwu Andi Cakka, Bupati Bone A Fahsar Padjalangi, dan beberapa bupati lainnya.
Ada juga anggota DPR RI Akbar Faisal dan Indira Chunda Tita.
Termasuk tokoh FKPPI yang juga anak mantan Presiden Soeharto, Titiek Soeharto.
Panglima Kodam (Pangdam) VII Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti dan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Anton Charliyan secara khusus mengawal langsung kegiatan ini.
Ketua Umum FKPPI, Surya Paloh yang juga pendiri Partai Nasdem, menjelaskan kesatuan dan persatuan merupakan semangat yang bisa menimbulkan optimisme dalam membangun negara dan bangsa.
Kepada para peserta Jalan Sehat, dia menyuntikkan semangat untuk memberi berkontribusi dalam mengisi pembangunan dengan kegiatan positif. “Luar biasa sekali kegiatan ini. Saya tak menyangka jika responnya begini besar,” ungkapnya.
Gubernur Sulsel yang juga Ketua FKPPI Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kegiatan yang digelar bukan semata-mata untuk anak-anak FKPPI melainkan bagi seluruh masyarakat. Sengaja temanya ditonjolkan soal bela negara agar tercipta panggilan ideologi untuk sama-sama membela dan melindungi negara dari berbagai ancaman, baik dari dalam maupun luar.
Menurutnya, tema Bela Negara yang diambil FKPPI pada kegiatan ini menarik masyarakat untuk sama-sama ambil bagian
“Sekarang itu saatnya bela negara, bukan bela warna,” ujarnya, seperti slogan yang terpasang di reklame Jalan Santai FKPPI.
Dia berharap kegiatan yang terlaksana bukan sekadar seremoni belaka. Makanya, di sela-sela agenda, juga dibentuk satuan tugas (satgas) Bela Negara yang nantinya bekerja di seluruh pelosok desa. Mereka diharapkan menjadi sumber informasi dini terkait berbagai persoalan yang bisa merongrong keutuhan bangsa dan negara, utamanya dalam mewaspadai bahaya peredaran narkoba dan terorisme.
Adanya kekhawatiran sejumlah pihak bila kedua kegiatan tersebut berpotensi ricuh, tidak terbukti. ”Kita bisa lihat bahwa semua berjalan dengan aman dan lancar, tak ada gesekan atau kericuhan dalam acara jelan sehat yang digelar secara bersamaan,” ujar Ketua DPRD Sulsel, HM Roem yang baru saja tiba di Lapangan Karebosi.
Setnov mengaku sangat senang dengan kegiatan yang berlangsung aman dan lancar, tanpa ada hambatan sedikitpun. “Mulai sejak star hingga finish di Karebosi semua berjalan aman dan lancar,” ujar Setnov yang hadir didampingi istri dan putranya.
Jalan santai Golkar dihadiri Ketua Golkar Sulsel transisi Nurdin Halid (NH), Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, mantan Gubernur Sulsel HM Amin Syam, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Ahmad Tanribali Lamo dan Ketua DPRD Sulsel HM Roem. Sementara pembacaan doa dipimpin Ketua MUI Sulsel AGH Sanusi Baco.
Sebelum pelepasan, NH menegaskan bila kegiatan jalan sehat semata-mata untuk kesehatan. Karena itu dia mengajak untuk saling sipakatau dan sipakasiri.
Sementara Wali Kota Danny Pomanto meminta kader Golkar menunjukkan kondisi tertib.
Dalam perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 2 jam, para peserta mendapat banyak hiburan hingga finis di Lapangan Karebosi. Di tempat ini, empat artis sudah menunggu. Masing-masing Syahrini, Zaskia Gotik, Evi Masamba dan Ati Kodong.
Sembari dihibur artis, panitia bergantian menarik undian berupa satu unit rumah, satu unit mobil, beberapa unit motor, sejumlah paket umrah dan plihan hadiah menarik lainnya.
Hiburan yang ditampilkan keempat artis mampu menarik perhatian para tokoh untuk ikut bergoyang. Tak hanya Setnov dan NH yang ikut bergoyang, namun Wagub Agus Arifin Nu’mang dan Kapolda Sulsel juga ikut berjoget.
Sebelumnya, Ketua Panitia Jago Farouk B Betta, menyampaikan ucapan terima kasih atas penyelenggaraan kegiatan ini, serta permintaan maaf jika masyarakat pengguna jalan merasa terganggu atas terselenggarannya acara tersebut.
Penyerahan hadiah rumah yang diraih salah seorang warga asal Kabupaten Sidrap disaksikan Sekjen DPP Golkar Idrus Marham, Yorris Raweyai, Ny Setnov, Robert Kardinal dan Roem Kono. (rhm-rif/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top