SKPD tak Konsisten Jalankan Program – Berita Kota Makassar
Metro

SKPD tak Konsisten Jalankan Program

MAKASSAR, BKM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menilai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Kota Makassar belum konsisten menjalankan program kerja sesuai perencanaan awal sebagaimana yang telah tertuang dalam rencana kerja anggaran (RKA) yang telah disepakati.
Seperti halnya, program kerja pembangunan Kantor Kelurahan Kunjung Mae di Kecamatan Mariso dan
pembangunan Masjid DPRD Makassar, yang belum dilaksanakan.
Anggota Badan Anggaran DPRD Makassar, Hasanuddin Leo mengatakan, terdapat program kegiatan yang sama sekali tidak dilaksanakan atau berjalan di tempat dapat berindikasi kurang matangnya perencanaan SKPD.
“Program SKPD banyak tidak terlaksana hingga dilakukan pembahasan APBD Perubahan. Ini kami anggap perencanaan SKPD tidak matang,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Minggu (30/10).
Lanjut anggota Komisi B itu, tidak berjalannya pembangunan kantor Kelurahan Kunjung Mae karena lokasi
atau lahan masih proses sengketa, sehingga anggarannya yang bersumber di APBD Pokok 2016 dialihkan untuk program kerja lain.
” Ini contoh buruk dan harus menjadi pelajaran penting sebagai acuan dalam menyusun program kerja pada APBD 2017 mendatang. Jika lokasi pembangunan masih milik orang lain atau dalam status sengketa, maka lebih baik tidak dianggarkan,” katanya.
Atas dasar itu, tambah Hasanuddin, seluruh SKPD harus merencanakan program yang lebih matang.
Sementara itu, Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Makassar, Adi Rasyid Ali mengatakan, pemkot tidak hanya konsisten dalam menyusun program kerja, tetapi juga harus rasional dalam menetapkan target pendapatan asli daerah (PAD) 2017 mendatang. Sebab selama ini menurut dia, target PAD tidak pernah terpenuhi 100 persen.
“Tahun ini saja PAD masih kisaran Rp700 milliar lebih, dari target Rp1,2 trilliun atau baru kisaran 58 persen,” tutupnya.(ita)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top