Maros Butuh Darah 600 Kantong – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Maros Butuh Darah 600 Kantong

MAROS, BKM — Kebutuhan darah di Maros cukup tinggi. Sedikitnya di Maros butuh 500 sampai 600 kantor darah per bulan. Hal ini diungkapkan Penanggung Jawab Teknis UPTD Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dr Raehana Samad usai menjadi pemateri dalam sosialisasi tentang donor darah di aula kantor camat Marusu, akhir pekan lalu. Sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Jambore Pemuda yang digelar KNPI Maros.
”Sosialisasi ini kita gelar atas kerjasama PMI Maros. Kita melakukan sosialisasi tentang pentingnya donor darah. Dari sosialisasi ini kita berharap dapat merekrut pendonor darah di kabupaten Maros untuk menjamin stok darah di Maros. Karena mengingat saat ini kebutuhan darah di Maros cukup tinggi namun penyediaannya tidak sebanding dengan kebutuhan,” ujarnya.
Ia mengatakan, saat ini ketersediaan darah di Maros hanya sekitar 150 kantong per bulan atau hanya mampu memenuhi 30 persen dari kebutuhan darah di Maros. Padahal, kebutuhan mencapai 500 sampai 600 kantong, sehingga seringkali terjadi kekurangan stok. Hal ini menyebabkan pihaknya bekerjasama PMI untuk menggelar sosialisasi agar rekrutmen pendonor darah makin banyak.
Saat ini di Maros hanya ada bank darah yang bisa menyimpan darah siap pakai serta pemeriksaan pre transfusi. ”Manfaat donor darah sangat banyak. Kita berharap donor darah yang dilakukan di Maros peruntukkannya bagi masyarakat Maros juga,” bebernya.
Sementara itu, Ketua PMI Maros, AS Chaidir Syam, mengatakan, pihaknya terus berupaya agar masyarakat paham pentingnya donor darah dengan menggalakkan sosialisasi. Pihaknya dalam mengatasi kebutuhan darah di Maros juga memprogramkan kampung donor darah dan menggalakkan kegiatan donor darah di kecamatan-kecamatan.
”Kita selalu turun ke masyarakat menggalakkan sosialisasi. Khusus kali ini dalam rangka jambore pemuda untuk memperingati sumpah pemuda. Jadi sasaran kita pemuda, agar mereka rutin donor darah. Bukan hanya untuk orang lain yang butuh darah, tapi untuk kesehatan sendiri,” pungkas Chaidir. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top