Metro

Australia Jajaki Kerja Sama dengan Pelindo

MAKASSAR, BKM — Delapan pemimpin perusahaan asal Negeri Kangguru, Australia, yang dipimpin oleh Consul-General Australian Consulate-General in Makassar, Richard Mathews, menyambangi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero), akhir pekan lalu.
Kedatangan atase perdagangan Australia tersebut diterima Direktur SDM dan Umum Riman S. Duyo, GM Cabang Makassar Yosef Benny Rohy, Sekretaris Perusahaan Baharuddin M. serta beberapa staf Pelindo IV terkait.
Dalam kesempatan tersebut, Direktur SDM dan Umum Pelindo IV Riman S. Duyo memaparkan seluruh fasilitas dan potensi yang tersedia di Pelabuhan Makassar.
“Saat ini, kami terus membangun dari Indonesia bagian timur, sesuai dengan motto Pelindo IV yaitu Lokomotif Indonesia Timur, yang artinya penggerak dari Indonesia timur,” terangnya.
Mantan GM Pelindo IV Cabang Makassar ini juga menjelaskan mengenai proyek Makassar New Port (MNP) yang saat ini tengah dalam proses pembangunan, khususnya untuk pembangunan Tahap I Paket A, B dan C.
Selain itu, saat ini Pelindo IV juga sedang melakukan renovasi Terminal Penumpang di Pelabuhan Makassar. Adapun Dermaga Hatta sepanjang 150 meter yang baru selesai dibangun lanjut Riman, saat ini sudah difungsikan khusus untuk kegiatan curah.
Sekretaris Perusahaan Baharuddin M. mengungkapkan, kedatangan rombongan pemilik perusahaan asal Australia yang beberapa di antaranya memiliki kantor di Jakarta tersebut adalah untuk memerkenalkan perusahaan masing-masing.
“Mereka juga ingin menjajaki peluang kerja sama dengan Pelindo IV,” kata Baharuddin.
Bersamaan dengan kedatangan atase perdagangan Australia ke Pelindo IV, sekitar pukul 10.00.wita, kapal perang milik Angkatan Laut Australia juga sandar di dermaga Pelabuhan Makassar.
Menurut pihak Konjen Australia, kedatangan Kapal Perang HMAS-YARRA di Pelabuhan Makassar adalah untuk kunjungan persahabatan dan telah berkoordinasi dengan pihak TNI dan SAR.
“Rencananya, kapal perang tersebut akan kembali ke Negara Australia pada Sabtu (29/10) pukul 10.00 Wita,” ujar pihak Konjen Australia yang tidak ingin identitasnya disebutkan.
Selama tiga hari berada di Makassar, pihak kapal perang sekaligus penyapu ranjau dari Australia ini akan mengundang Pemprov Sulsel, Pemkot Makassar dan beberapastakeholder terkait untuk melakukan tur di dalam kapal, dengan dibantu oleh 46 kru yang ada.
Selain itu, pihak kapal perang Australia juga akan mengadakan kunjungan ke Lantamal VI Makassar dan kunjungan sosial ke panti asuhan di Kota Makassar. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top