Gubernur Peringatkan ASN – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Gubernur Peringatkan ASN

IST Anwar Adnan Saleh

MAMUJU, BKM — Setiap pelaksanaan pemilihan kepala pemerintahan baik itu bupati, walikota, gubernur, maupun presiden, terkadang masih saja ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat mengkampanyekan salah satu calon. Padahal ini sudah jelas-jelas dilarang. Begitu pula dengan rencana pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sulbar pada 15 Februari 2017.
Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh memperingatkan kepada ASN agar tidak bisa terlibat aktif dalam mengkampanyekan salah satu pasangan calon. Anwar mengatakan, Pilgub harus berjalan baik sehingga hasilnya berkualitas. ”Aturan ASN kan cukup jelas. Yakni tak bisa aktif di Pilkada. Namun untuk ikut menyaksikan kampanye maka ASN bisa saja untuk mendengarkan visi-misi calon pemimpin di daerah ini,” pesan Anwar, Rabu (26/10).
Aturan larangan ASN ini, kata Anwar, telah diatur dalam UU Nomor 8 tahun 2015 yang merupakan perubahan dari UU Nomor 1 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota bahwa kegiatan kampanye tidak boleh melibatkan ASN.
Dikatakan, proses Pilkada dilaksanakan dengan taat azas dan aturan. Pemimpin yang lahir dari Pilkada ini adalah pemimpin yang benar-benar pilihan rakyat. Meski isterinya Enny Anggraeny maju selaku calon wakil gubernur berpasangan Ali Baal Masdar, dirinya tetap berdiri pada garis netral dan tidak akan melakukan kampanye atas nama gubernur.
”Tapi jika posisi selaku suami dari Enny, maka hal itu sah-sah saja sepanjang di luar dari kegiatan pemerintahan. ASN tak bisa terlibat aktif di momen kampanye. Tetapi bisa menghadiri kampanye untuk mendengarkan visi-misi itu. Itu juga ada aturannya. ASN yang memiliki hak pilih tentu tidak ingin beli ‘kucing dalam karung’,” katanya. (*mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top