Metro

Dewan Pesimis Ranperda Kota Dunia Bisa Dirampungkan

MAKASSAR, BKM– Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Makassar Menuju Kota Dunia yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tidak akan selesai hingga tahun anggaran berakhir.
Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Makassar Menuju Kota Dunia, Hasanuddin Leo. Ia menilai sangat kecil harapan bisa merampungkan Ranperda tersebut, ditengah agenda dewan yang sangat padat.
” Hingga akhir tahun ini Ranperda Kota Dunia akan sulit dirampungkan. Kemungkinan akan loncat ke APBD 2017 untuk kembali dimasukkan sebagai program Legislasi Daerah (prolegda),” ungkapnya saat di konfirmasi, Jumat (28/10).
lebih jauh anggota fraksi PAN itu menjelaskan, selain karena agenda dewan yang padat, keterlambatan pembahasan ranperda tersebut tidak lain diakibatkan oleh Pemerintah Kota Makassar sendiri yang belum mengembalikan draf ranperda yang diminta pansus untuk direvisi.
“Sudah ada sekitar dua bulan lamanya setelah draf tersebut dikembalikan, namun hingga saat ini belum ada kepastian akan diserahkan ke dewan. Sementara pansus baru melakukan pembahasan sebanyak lima kali,” katanya.
Wakil ketua Komisi B ini juga mengaku, berulangkali pansus meminta untuk draf Ranperda Kota Dunia direvisi kembali oleh pemkot. Pasalnya poin-poin yang mengatur soal indikator kesejahteraan masih multinational dan bersifat makro. “Kita ingin kalau ranperda tersebut dibaca, tidak lagi menimbulkan pengertian ganda yang membacanya, sehingga semua seragam,” tambahnya.
Misalnya saja kata dia, soal indikator kemiskinan yang masih digambarkan secara umum tidak spesifik sehingga yang menilainya menjadi multitafsir.
“level kemiskinan yang dimaksud tidak jelas, masih sangat umum dan tidak menggambarkan secara mikro, sehingga kita minta untuk direvisi hampir semua bidang menggambarkan seperti itu,” bebernya.
Hal senada dikatakan Wakil Ketua Pansus, Mesyakh Reoimon. Menurutnya, dalam waktu sangat sulit Ranperda Kota Dunia diselesaikan apalagi agenda dewan kedepan sangat padat.
“Dewan dihadapkan pada Pembahasan APBD-P dan akhir bulan ini akan lagi dilaksanakan reses, setelah itu lanjut APBD Pokok,” ujarnya.
Selain itu ia juga mengatakan, kalau ada rencana pansus untuk bertemu dengan wali kota untuk mendiskusikan lebih lanjut terkait dengan Ranperda Kota Dunia tersebut.(ita)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top