Rp 100 Juta Diduga Mengalir ke Pengurus – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Rp 100 Juta Diduga Mengalir ke Pengurus

SIDRAP, BKM — Selangkah lagi calon tersangka kasus PNPM Mandiri Dua Pitue akan ditetapkan oleh penyidik Kejari Sidrap. Dari hasil perhitungan dalam ekspose kasus dugaan korupsi dana bergulir Simpan Pinjam Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan, Kecamatan Dua Pitue, penyidik menemukan ada kerugian negara.
Mantan Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan dua Pitue berinisial M, menjadi calon tersangka dalam kasus itu.
Kepala Kejari Sidrap, Jasmin Simanullang, melalui Kasi Intelijen, Andi Irfan, Rabu (26/10) menyebut indikasi keterlibatan M dibalik “hilangnya” dana bergulir SPP sebesar Rp100 juta lebih, tahun 2010-2013 itu.
“Masih sebatas calon tersangka, hasil gelar perkara memang mengarah ke dia tapi sesuai protap, dia masih akan diperiksa terlebih dahulu,” kata Irfan, kemarin.
Dia menambahkan pihaknya sudah memeriksa sedikitnya sepuluh orang saksi di balik kasus itu. Keterangan saksi maupun hasil gelar perkara mengindikasikan peran M dalam kasus itu.
Kasus itu berawal saat pengurus, dalam hal ini UPK PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Dua Pitue, mengelola dana bergulir SPP untuk dibagikan ke beberapa kelompok.
Dalam perjalannya, dana bergulir itu sebagian tidak dikembalikan oleh kelompok penerima, utamanya di empat desa dan kelurahan di kecamatan itu.
Hasil penyelidikan dan penyidikan menyebutkan, adanya dana yang diduga mengalir ke pengurus UPK. Dana yang seharusnya dikembalikan ke kas negara itu, tidak disetorkan.
Kasus serupa juga sudah pernah menyeret penggiat PNPM Mandiri Perdesaan lainnya, Santi. Santi merupakan perangkat PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Watang Pulu, Sidrap. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top