Berita Kota Makassar | PPK Normalisasi Sungai Kalaena
Sulselbar

PPK Normalisasi Sungai Kalaena

LUTIM, BKM — Warga yang terkena dampak pembuangan air sungai akibat jebolnya proyek normalisasi sungai Kalaena akhirnya dapat bernafas lega. Soalnya, Panitia Pembuat Komitmen (PPK) H Sofyan akan membicarakan kompensasi kepada pihak rekanan.
Menurutnya, kompensasi yang dimaksud sebagai bentuk keprihatinan kepada masyarakat atau para petani yang terkena dampak yang berakibat sawah milik petani ada yang mengalami kerusakan.
“Kalau persoalan kompensasi sebenarnya tidak ada. Tetapi saya akan bicara dulu kepada pihak rekanannya,” ungkap Sofyan via ponsenya Selasa (25/10).
Ia menjelaskan, kondisi lapangan yang ada diwilayah desa Lambara Harapan, kecamatan Burau, Luwu Timur berbelok – belok sehingga pihak rekanan berencana akan meluruskan. Hanya saja, warga yang ada disekitar lokasi tersebut tidak menginginkan.
“Saya juga sudah sampaikan kepada anggota untuk turun mengecek titik yang jebol itu sekaligus melakukan kordinasi kepada Kepala Desa (Kades) agar lokasi yang ada diwilayah itu dapat diluruskan saja,” ungkapnya.
Sebelumnya, petani yang ada didesa Lambara harapan saat itu mengeluhkan proyek normalisasi pembuangan sungai Kalaena. Soalnya, proyek yang menghabiskan APBN tahun 2016 senilai Rp5,6 miliar ini mengakibatkan sawah para petani berpotensi gagal panen.
Anggota kelompok tani Tambua Jaya, Anto mengeluhkan banyaknya sampah dan kayu yang masuk kedalam areal persawahan akibat jebolnya proyek normalisasi itu. “Gagalmi sawahku itu pak karena ditumpuki pasir dan sampah,” ungkapnya.
Dia berharap agar sungai yang jebol segera dilakukan perbaikan dengan harapan tidak terjadi banjir susulan. “Kita hanya meminta untuk segera diperbaiki apa lagi inikan musim hujan,” ungkap Anto.
Para petani juga meminta kompensasi atau ganti rugi dampak jebolnya bahu sungai kepada pihak terkait. “Kami juga berharap ada ganti rugilah, kasihan sawah kami pak,” ungkap Anto mewakili kelompoknya. (alp/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top