Headline

Kumpul di Ruang Tamu, Gas Elpiji Tiba-tiba Meledak

MAKASSAR,BKM — Ledakan tabung gas elpiji terjadi di Jalan Indah Raya nomor 2, tepatnya di belakangan Pasar Pannampu, Kecamatan Tallo, Rabu (26/10) pukul 22.00 Wita. Dua rumah rusak dan saru orang kritis akibat peristiwa ini.
Dua saksi mata, masing-masing Mirna (17) dan Risma (22) yang merupakan tetangga sumber ledakan, mengaku saat kejadian mereka tengah berkumpul di ruang tamu. Tiba-tiba terdengar satu kali suara dentuman cukup keras dari dapur milik Saharuddin.
”Kami sedang kumpul di ruang tamu. Tiba-tiba terdengar suara ledakan disamping rumah. Ledakan itu hanya satu kali. Kami langsung mengecek dapur, tapi semuanya aman. Kami lalu keluar mencari tahu sumber ledakan. Ternyata tembok rumah pengusaha tabung elpiji jebol menembus tembok rumah kami,” ujar Risma.
Dari dua rumah yang rusak, satu diantaranya runtuh pada lantai dua yang terbuat dari kayu. Rumah inilah yang menjadi sumber ledakan. Sementara satu rumah warga lainnya mengalami kerusakan pada bagian tembok.
Pemilik rumah masing-masing Abd Rasid (58), warga Jalan Indah Raya nomor 5 dan Pu’ding (50), warga Jalan Sehat nomor 3 RT 06 RW 4 Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo.
Sementara seorang pria bernama Agus (30), warga Sapiria, Kelurahan Lembo terpaksa dilarikan ke RS Wahidin Sudirohusodo. Ia mengalami luka bakar di tubuhnya yang mencapai 80 persen. Korban diduga merupakan salah seorang karyawan toko penjulan gas elpiji tersebut.
Kapolsek Tallo, Kompol Henki Ismanto memastikan, insiden ledakan tersebut murni kecelakaan. Saat kejadian, pemilik rumah diduga hendak menyalakan kompor gas.
”Jadi bukan karena ada praktik pengoplosan gas elpiji. Ini murni musibah,” ujarnya.
Dari hasil olah tempat kejadian perkara, di rumah yang menjadi sumber ledakan ditemukan sebuah kompor gas dalam posisi aktif. ”Kemungkinan korban hendak menyalakan kompor, tiba-tiba percikan api bertemu dengan gas yang diduga bocor,” terang Henki.
Dugaan lain, lanjutnya, ledakan juga bisa terjadi ketika pemilik rumah sementara merokok. “Saja saja karena saat merokok, ketika itu tabung gas ada yang mengalami kebocoran. Apalagi ventilasi di rumah tersebut tertutup, sehingga bila terjadi kebocoran gas tidak lansung keluar,” jelas Kapolsek lagi.
Hingga kemarin polisi belum meminta keterangan dari korban yang terluka, sebab masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit. (ish/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top