Metro

Hari Ini KNPI Launching Buku Pemuda Makassar

MAKASSAR, BKM — Peringan Hari sumpah Pemuda, sejumlah organisasi kepemudaan menggelar sejumlah acara.
Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar menggelar launching buku profil profil pemuda Makassar yang dilaksanakan sekitar pukul 15.00 Wita di Country Coffe Resto (CCR) Makassar.
Wakil ketua KNPI kota Makassar, Imran Yusuf? menjelaskan, dalam rangka hari jadi Sumpah Pemuda, KNPI kota Makassar telah membuat sebuah buku profil pemuda Makassar.
“Begitu banyak karakter pemuda di Kota Makassar, maka kami KNPI membuat buku soal karakter pemuda yang ada di kota ini,” ungkap Imran Yusuf.
Imran Yusuf juga menambahkan, selain launching buku profil pemuda Makassar, KNPI juga akan mengadakan diskusi terbuka.
Selain KNPI, Karang Taruna Kota Makassar juga menggelar apel akbar di lapangan Karebosi, hari ini, serta Forum Kreativitas Pemuda (FKP) Sulawesi Selatan yang menggelar kegiatan Pekan Raya Pemuda Sulawesi Selatan di Anjungan Pantai Losari, Kamis – Jumat (27-28) hari ini.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengemukakan, tantangan terberat pemuda saat ini adalah era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pemuda yang bisa berhasil melewatinya adalah pemuda yang bisa menyesuaikan diri? dan memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi.
Dia mengatakan, setiap kali memperingati Hari Sumpah Pemuda, maka yang terbayangkan adalah heroisme tanpa kenal lelah dari para pemuda, untuk mendeklarasikan gagasan perjuangan dan mewujudkan ide cemerlangnya tentang Negara Indonesia. Sumpah pemuda telah membulatkan tekad semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang dan tetap menjaga NKRI dari berbagai upaya rongrongan terhadap disintegrasi bangsa.
“Saat ini, mau atau tidak, pemuda sudah memasuki era yang berbeda. Pemuda harus berperan aktif di segala bidang pembangunan,” ujarnya.
Untuk menyelenggarakan pembangunan kepemudaan secara berkelanjutan, terangnya, harus terus dilaksanakan melalui proses penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan, hendaknya melalui proses revolusi mental. Pemuda bukan lagi berorientasi untuk kelompok-kelompok, tetapi untuk Indonesia.
“Kita sudah memasuki era Komunitas Asean. Untuk itu, para pemuda harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain,” terangnya.
Ia memaparkan, Indonesia adalah bangsa yang besar yang memiliki sumber daya alam berlimpah, memiliki sejarah leluhur bangsa yang hebat, kebudayaan yang unggul, masyarakat yang toleran, dan sumber daya manusia yang semakin lama semakin baik. Mentalitas bangsa, khususnya para pemuda harus terus dibangun agar menjadi pemuda yang unggul, berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing sehingga dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin hari semakin kompetitif.
“Pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreatifitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi, dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global,” urainya.
Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto juga mengharapkan para pemuda pemudi Indonesia untuk dapat terus menjaga kekompakan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi lebih baik.
Menurut Danny sapaan akrabnya, disumpah pemuda inilah tekad awal terbentuknya NKRI dengan bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
“Saya kira kita harus menyadari bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Itu menjadi komitmen kita dengan memberikan suatu bukti sejarah bahwa pemuda lah yang membentuk NKRI,” kata Danny, kemarin.(rhm-arf-jun/war/b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top