Ketua Deskranasda Buka Pelatihan Tenun – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Ketua Deskranasda Buka Pelatihan Tenun

BKM/ AGUS BURHAN BUKA -- Ketua Dewan Kerajinan Daerah Tana Toraja Ny Rospita Nico Biringkanae, Senin (24/10) membuka pelatihan tenun di Aula Kantor Kelurahan Bombongan Makale

MAKALE, BKM — Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Tana Toraja Ny Rospita Nico Biringkanae, Senin (24/10) membuka pelatihan tenun di Aula Kantor Kelurahan Bombongan Makale.
Pelatihan digelar kerjasama Deskranasda-Dinas Sosial untuk memberi keterampilan bagi pencari kerja agar bisa bersaing dibursa kerja.
Pada kesempatan itu Rospita mengakui pencari kerja wanita di luar negeri selama ini banyak mendapat kekerasan dari majikannya. Terkendala bahasa serta keterampilan dan keahlian yang tidak memadai.
Untuk itu diharap bagi kaum ibu yang mengikuti pelatihan tenun, kedepan mampu mandiri karena sudah punya bekal.
Apalagi jika dibantu dengan perlatan tenun, silahkan berkarya dan berinovasi dengan mengutamakan kualitas, sebab toris yang berwisata ke Toraja sekembalinya ke negara asalnya akan membeli oleh-oleh dan cindera mata, kata Rospita.
”Saya berharap sejalan dengan pesatnya perkembangan dunia wisata berbarengan dengan majunya industri kerajinan, hasil dan prodak masyarakat Tana Toraja hendaknya menjadi paporit karena mutu dan kualitas serta desainnya menarik,” paparnya.
Untuk kesinambungan dan kelanjutan hasil kerajinan dan tenun Tana Toraja, Deskranasda sudah pikirkan hadirnya worshop, maupun pangsa pasar baik didalam maupun luar negeri.
(gus/C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top