Headline

Jadi Plt Bupati, Darmawan Janji Jaga Netralitas PNS

IST DEKLARASI DAMAI-Cabup Takalar, Burhanuddin Baharuddin (dua dari kanan) memimpin pembacaan naskah ikrar deklarasi pilbup damai yang digelar KPU Takalar, Rabu (26/10).

MAKASSAR, BKM — Kementerian Dalam Negara sudah menyetujui satu nama yang diusulkan Pemprov Sulsel untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) atau caretaker bupati di Kabupaten Takalar.
Dari tiga nama yang diusulkan mengerucut menjadi satu. Pilihan jatuh pada Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Sulsel, Andi Dharmawan Bintang.
Menurut rencana, mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel itu akan menjadi plt mulai 28 Oktober, sesuai dengan izin cuti yang diusulkan Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin.
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo membenarkan sudah ada nama yang disetujui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk menjabat sebagai Plt Bupati Takalar. Namun dia masih enggan menyebut nama.
“Besoklah saat pelantikan,” kata Syahrul saat ditemui wartawan usai menghadiri acara KPK di Hotel The Rinra, Rabu (26/10).
Dia menekankan, siapapun pejabat yang terpilih sebagai pelaksana tugas di sana harus bisa mengantar kabupaten tersebut sukses menyelenggarakan pilkada. Syahrul juga meminta agar pelaksana tugas mengawal seluruh PNS di Takalar agar bisa menjaga netralitasnya. Tidak berpihak pada satu calon.
“Jadi tidak adaji pelantikan. Hanya bersifat administratif nanti,” kata Syahrul.
Sementara itu, Andi Dharmawan Bintang yang dikonfirmasi BKM kemarin, dengan nada diplomatis mengatakan bahwa hingga saat ini dirinya belum menerima SK pelaksana tugas Bupati Takalar. Namun, dia menekankan, jika dirinya diberi amanah untuk jabatan itu, sebagai seorang abdi negara, menjadi tanggung jawabnya untuk melaksanakan sebaik mungkin.
Dia komitmen untuk mengawal seluruh tugas yang diberikan. Termasuk menjaga netralitas PNS di Kabupaten Takalar.
“Saya belum terima SK-nya. Prinsipnya, saya sebagai bawahan Pak Gubernur, siap menjalankan perintah dan tugas dari beliau dengan sebaik-baiknya bila saya diberi kepercayaan,” tandasnya.
Rencananya, pengukuhan Darmawan Bintang sebagai Plt Bupati Takalar akan dilaksanakan, Jumat (28/10), bertepatan dengan dimulainya masa cuti Burhanuddin.
Sementara dari Takalar dilaporkan, dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, H Burhanuddin Baharuddin-HM Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng) bersama Syamsari Kitta-H Ahmad Dg Se’re (SK-HD), kembali bertemu di kedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Rabu (26/10). Pertemuan kedua pasangan itu dalam rangka mengikuti tahapan pelaksanaan deklarasi pilbup damai.
Dalam kesempatan itu, KPU meminta salah satu dari keempat calon bupati dan wakil bupati untuk membacakan naskah ikrar deklarasi pilbup damai. Akhirnya Burhanuddin Baharuddin dipilih untuk tampil membacakan naskah ikrar deklarasi damai, yang kemudian diikuti Syamsari Kitta, Ahmad Dg Se’re dan Natsir Ibrahim.
Ketua KPU Takalar, Jusalim Sammak, menjelaskan bahwa deklarasi pilbup damai untuk mengingatkan seluruh lapisan masyarakat di daerah ini, bahwa nuansa damai harus mengiringi jalannya masa kampanye yang berlangsung 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017, dengan menggunakan cara elegan dan bermartabat.
Selain itu, Jusalim menghimbau para pasangan calon untuk menurunkan dan membersihkan baliho dan spanduk yang dipasang oleh tim sukses masing-masing.
”Kami berharap banyak pada kedua paslon untuk selalu mengingatkan tim suksesnya agar senantiasa menjaga agar Pilkada Takalar ini berlangsung damai dan menghindari konflik. Mengenai pemasangan baliho paslon, itu adalah wewenang penyelenggara. Tim sukses hanya mengirim desain baliho paslon,” jelas Jusalim.
Selain dihadiri kedua paslon, deklarasi pilbup damai juga disaksikan pengurus partai pengusung dan pendukung, Sekkab Takalar dari elemen lainnya.
Usai mengikuti deklarasi, Bur-Nojeng langsung mengikuti karnaval kampanye damai hingga kembali ke kediamannya di kompleks Ruko Kalampa. Bur mengatakan, pihaknya akan fokus mensosialisasikan nomor urut 1 dibanding memikirkan persoalan yang tengah mendera dirinya.
“Saat ini dan beberapa hari ke depan, saya lebih fokus mensosialisasikan nomor urut 1 dibanding hal-hal lain. Karena kalau wajah paslon mungkin sudah tidak asing lagi, tetapi nomor paslon mungkin belum banyak masyarakat yang belum paham,” ujar Bur, kemarin.
Sementara, paslon SK-HD yang ditemui usai menunaikan salat ashar di Masjid Agung Takalar bersama pendukungnya, mengaku akan menyasar pemilih pemula. “Saya baru pulang mengikuti karnaval kampanye Pilkada damai. Selain khusus melaksanakan salat ashar berjamaah dengan pendukung, sejumlah pemilih pemula mengajak foto selfie di halaman Masjid Agung,” jelas Syamsari diamini H De’de. (rhm-ira/rus/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top