Berita Kota Makassar | IPM Enrekang Peringkat II se-Sulsel
Sulselbar

IPM Enrekang Peringkat II se-Sulsel

ENREKANG, BKM — Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) selama 2013-2014, pertumbuhan ekonomi era Bupati-Wabup Enrekang Muslimin Bando-HM Amiruddin menempati urutan ke II dari 24 kab/kota di Sulsel dengan capaian 69,57. Peringkat ini lebih tinggi dari Kabupaten Luwuk Timur yang berada di peringkat satu.
“Ini yang perlu dipublikasikan, Enrekang berdasar peringkat ke dua IPM-nya di luar Kota Makassar dan provinsi, setelah Lutim,”ujar Sutrisno, Mantan Kabit Monitoring Evaluasi Litbang BAPEDA Enrekang, Selasa (25/10).
Penentuan indeks ini berdasarkan beberapa indikator yakni, kinerja pemerintahan, diantaranya pendidikan meningkat, kesehatan meningkat dan daya beli masyarakat tinggi.
“Ini data bukan data rekayasa tetapi data akurat dari BPS,”jelas Sutrisno.
Penggiat politik Enrekang, Hasry Jack menilai seorang kepala daerah bisa dikatakan berhasil jika bisa mencapai lima tujuan. Tujuan itu adalah menuntaskan angka pengangguran,menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), meningkatkan income perkapita (pendapatan), mendorong pertumbuhan ekonomi dan menurunnya angka kemiskinan,”Tugas utama seorang pejabat adalah harus mencapai lima tujuan itu.Percuma menjadi seorang kepala daerah jika belum mencapai hal ini,”tandas Hasry Jack. (her/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top