Berita Kota Makassar | Dua Rumah Hanyut Diterjang Banjir
Sulselbar

Dua Rumah Hanyut Diterjang Banjir

HANYUT -- Dua unit rumah milik warga setempat hanyut dihantam luapan air dari Sungai Jawi-jawi kemarin.

PAREPARE, BKM — Dua unit rumah warga Parepare hanyut diterjang banjir dari deras sungai Jawi-jawi, sekitar pukul 21.30 wita, Senin (24/10) malam. Luapan air sungai Jawi-jawi, mencapai 3- 4 meter.
Selain rumah, kandang ayam milih H Jami juga dibawah arus air sungai dan ribuan ayamnya mati karena tenggelam akibat air meluap akibat hujan selama 8 jam lamanya.
Warga setempat Ahmad, hanya pasrah rumahnya hilang beserta isinya, hanya yang tersisa yang bisa diselamatkan yakni kambing yang dipeliharanya, mesin cuci, mesin jahir, sejumlah pevah belah, yang lainnya rumah dan pakaina serta lemari dan sebagainya hilang dibawa deras air sungai.
“Saya tidak bisa berbuat apa-apa semua hilang, untung tidak ada korban jiwa, saya ada enam orang di rumah termasuk cucu keluar menyematkan diri saat air bah jawi-jawi langsung menghantam rumah saya,”ujar Ahmad pasrah.
Ahmad mengatakan, sudah enam tahun tinggal ditepi sungai baru kali ini yang paling besar airnya sehingga rumah kami hanyut dan tenggelam.
“Semuanya tenggelam dibawah air sungai,”sedihnya.
Bahkan alat-alat perkakas pertukangan sebanyak dua petih hilang dibawah arus air sungai. Warga lainnya Amri juga rumahnya hanyut dibawah air, tidak ada yang tersisa kecuali DVD saja.
“Semuanya dibawah arus air deras sungai jawi-jawi,”kata Amri yang tinggal di pinggir sungai jawi-jawi lokasi, perbatasan kelurahan lapadde dengan kelurahan Lompoe kecamatan Bacukiki kota Parepare.
Bahkan mobil avanzanya juga nyaris tenggelam, untung tim SAR mengikatnya dengan tali sehingga tidak dibawah air.”Semua rumah dan isinya dibawah air sungai,”kata Amri.
Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe di lokasi kejadian mengatakan luapan sungai Jawi-jawi menenggelamkan sejumlah perumahan.
Bahkan keliling melihat titik banjir yang dirasakan oleh warganya sendiri, dan Taufan memberikan semangat dan morifasi agar tetap tabah dan tawakkal menerima cobaan yang diberikan Allah Swt.
Pada Selasa (25/10) pagi anggota TNI turun ke lokasi membantu para korban termasuk Kapolsek Ujung, AKP Muhabar ikut turun ke lokasi bencana.(smr/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top