Berita Kota Makassar | Besok, Kajati Launching Jaksa Samboritta
Metro

Besok, Kajati Launching Jaksa Samboritta

MAKASSAR, BKM–Intelejen Kejaksaan Tinggi Sulsel terus memantapkan persiapan launching Program Jaksa Samboritta yang akan digelar Jumat (28/10), besok, usai Salat Jumat.
Asisten Intelejen Kejati Sulsel, H Marrang mengaku, persiapan launching sudah 70 persen siap, termasuk lokasi dan undangan. Pihaknya juga telah mengundang Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto untuk hadir dalam launching tersebut.
“Kita laksanakan launching Jumat karena bertepatan Hari Sumpah Pemuda. Di hari itu, kita inginkan pemuda bangkit untuk melawan korupsi termasuk satuan kerja perangkat daerah (SKPD),” tegas Marrang.
Mantan Kajari Sungguminasa, Kabupaten Gowa ini menambahkan, pelaksanaan launching akan mengambil lokasi di aula Kantor Kejati Sulsel. Rencananya, launching akan dilaksanakan di halaman Kantor Kejati, tetapi karena cuaca tidak mendukung sehingga pelaksanaan dilakukan di aula Kejati. ” Insya Allah, Pak Kajati yang membuka langsung launching Program Jaksa Samboritta, yang disaksikan pejabat Pemkot Makassar dan seluruh kepala kejaksaan negeri se Sulselbar. Mudah-mudahan kajari-kajari bisa hadir,” ujar Marrang.
Marrang menambahkan, Program Jaksa Samboritta meski pilot projectnya di Kota Makassar, tetapi kegiatan ini merupakan langkah awal untuk bisa dilaksanakan ke sejumlah kabupaten/kota lainnya di Sulsel kedepan. “Memang kita sengaja mengundang para kajari, agar kegiatan semacam ini bisa juga dilaksanakan di daerah lainnya,” katanya.
Sementara itu, sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kota Makassar telah menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam Program Jaksa Samboritta.
SKPD yang siap yakni Dinas Kominfo, Dinas Kebersihan, Dinas Koperasi, Dinas Sosial, Dispenda, Dinas Tata Ruang dan Bangunan, Disperindag, Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Camat Mariso, serta beberapa SKPD lainnya.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto mengaku sangat mendukung program Jaksa Samborita yang diinisiasi Berita Kota Makassar bekerja sama dengan Pemkot Makassar dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel.
Menurut Danny Pomanto, program ini bisa membantu upaya Pemkot Makassar untuk menciptakan pemerintahan yang bersih di Makassar.
“Ini program bagus. Apalagi kalau dielaborasi dengan Kejaksaan. Saya kira ini sebagai bentuk tindakan pencegahan atas upaya-upaya pelanggaran hukum,” kata Danny sapaan akrabnya.
Sebelumnya, Direktur Utama Harian Berita Kota Makassar, Mustawa Nur, SH MH yang juga sebagai penggagas Program Jaksa Samboritta mengatakan, dalam pelaksanaan Jaksa Samboritta, SKPD akan diberikan penghargaan sebagai SKPD yang sangat transparan dalam mengelola anggarannya.
Penghargaan tersebut, kata Mustawa, ditandatangani langsung Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel.
Mustawa menambahkan, dalam keterbukaan atau transparansi anggaran menjadi penting untuk diketahui agar SKPD tidak terjebak dalam lingkaran kasus korupsi. Dan keberadaan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah (TP4D) membantu SKPD agar dapat berjalan sesuai koridornya dalam pengelolaan anggaran.(*)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top