Metro

Belanja Pemkot Bertambah Rp212 M

BELANJA Pemerintah Kota Makassar bertambah sebesar Rp212 milliar lebih setelah dilakukan pembahasan oleh Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Makassar terhadap Ranperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016 yang telah disahkan.
Juru Bicara Banggar, Hasanuddin Leo mengatakan sebelum dilakukan pembahasan APBD Perubahan 2016, Pemkot Makassar menetapkan pendapatan sebesar Rp3,6 triliun lebih, namun jumlah pendapatan setelah perubahan naik signifikan sebesar Rp3,8 triliun lebih atau terdapat penambahan Rp212 miliar lebih.
“Penambahan yang cukup besar itu karena adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat ke Pemkot Makassar,” kata Hasanuddin Leo.
Lanjut Hasanuddin, besarnya dana DAK itu tidak hanya mempengerahui pendapatan pemkot, tetapi juga mempengaruhi kenaikan belanja sebesar Rp80,6 miliar lebih. Yang mana sebelum perubahan, telah ditetapkan sebesar Rp3.825.221.632.000 triliun lebih dan setelah pembahasan menjadi Rp3.905.887.927.000 triliun
“Atau terjadi defisit sebesar Rp29.967.791.000 miliar lebih. Untuk menutupi ini, pendapatan disisa waktu harus dimaksimalkan,” katanya.
Anggota Komisi B Bidang Pendapatan itu menambahkan, peningkatan lainnya juga berpengaruh pada pembiayaan, seperti untuk sektor penerimaan pada APBD Pokok 2016 ini sebesar Rp170 miliar, setelah APBD Perubahan bertambah menjadi Rp269 miliar lebih, atau terjadi penambahan sebesar Rp99 miliar lebih. Sementara itu, sektor pengeluaran sebelumnya hanya sebesar Rp4 miliar, bertambah sebesar Rp235 miliar lebih sehingga menjadi Rp239 miliar lebih.
“Pengeluaran ini cukup besar karena adanya penghapusan hutang PDAM Pemkot Makassar yang dibayarkan oleh Pemkot,” ucapnya.
Anggota Banggar DPRD Makassar, William juga mengatakan, penambahan belanja pemkot diberikan beberapa SKPD terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk membayar tunjangan guru dan lainnya. Selain Disdikbud, Basdir juga menyebutkan Dinas Kesehatan dan Pekerjaan Umum ikut mendapatkan dana DAK.
“Kalau anggaran DAK lebih dari tiga SKPD yang mendapatkannya, tapi yang besar itu PU, Dinkes dan Disdikbud,” tuturnya.(ita)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top