Berita Kota Makassar | Syaiful Saleh Raih Doktor
Metro

Syaiful Saleh Raih Doktor

MAKASSAR, BKM–Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sulsel, HM Syaiful Saleh berhasil meraih doktor di bidang lingkungan hidup. Itu setelah ia berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian promosi doktor di Kampus Universitas Brawijaya Malang, Senin, 24 Oktober. Syaiful mengangkat disertasi dengan judul “Persepsi dan Partisipasi Masyarakat pada Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir Secara Berkelanjutan” (Studi Kasus Reklamasi di Kota Makassar).
Ujian promosi Ketua BPH Unismuh Makassar itu dipimpin Direktur PPs Multidisipliner Universitas Brawijaya Prof Abdul Hakim, dengan ko-promotor Prof Sukoso dan Dr Andi Tamsil, serta Penguji I Dr Endah Setyowati, Penguji II Dr Mimit Primyastanto, Penguji III Dr Hasnidar, dan Penguji IV Dr Asbar.
Hadir pada ujian promosi tersebut, antara lain Ketua Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse, Ketua Aisyiyah Sulsel Nurhayati Azis, Rektor Unismuh Makassar Dr H Abdul Rahman Rahim, para dekan di lingkungan Unismuh Makassar, serta sejumlah pejabat dan puluhan orang lainnya dari Makassar.
Dalam disertasinya, mantan Kepala Dinas Kelautan Makassar itu menyatakan, persepsi masyarakat pada pelaksanaan reklamasi yaitu reklamasi menurunkan pendapatan secara ekonomi, mengubah kebiasaan dalam mencari nafkah, dan menurunkan daya dukung lingkungan.
“Partisipasi masyarakat terbagi dua bentuk, yaitu masyarakat yang menolak pelaksanaan reklamasi, serta masyarakat yang menyetujui dilaksanakannya reklamasi,” sebut Syaiful.
Masyarakat yang menolak reklamasi, katanya, yaitu masyarakat yang terkena dampak negatif secara langsung dengan adanya reklamasi, sedangkan yang menerima yaitu masyarakat yang pada umumnya sebagai pelaksana dan sekaligus memperoleh manfaat dengan adanya reklamasi.
“Diharapkan kepada pemerintah memiliki tanggungjawab atas pembangunan sarana dan prasarana, kebijakan tata ruang, serta perangkat hukum pengelolan sumber daya wilayah pesisir yang transparan,” tandas mantan Asisten Ekbang Kota Makassar tersebut. (*)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top