248 Petugas Kebersihan Dapat Jaminan Sosial – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

248 Petugas Kebersihan Dapat Jaminan Sosial

MAROS, BKM — Sekitar 248 orang dari 419 petugas kebersihan mendapat jaminan sosial dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK). Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Maros, Muh Alwi, mengatakan, keanggotaan jaminan sosial untuk petugas kebersihan ini merupakan wujud perhatian Pemkab Maros untuk memberikan perlindungan kepada petugas saat bekerja.
Selama ini, kata Alwi, petugas kebersihan belum diberikan fasilitas BPJS TK. Sehingga ketika ada petugas kebersihan yang mengalami kecelakaan kerja, tidak mendapatkan santunan. Ditambahkan, BPJS TK tidak dipaksakan. Pemkab hanya sebagai fasilitator untuk seluruh petugas kebersihan.
Untuk tahap pertama, sebanyak 248 orang dari total 419 orang petugas kebersihan diberikan kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan Maros.
”Kami berharap, seluruh petugas kebersihan dapat menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. Ini bisa menjadi jaminan mereka kelak dalam bekerja,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah, Andi Davied, menuturkan, untuk pembayaran BPJS ketenagakerjaan ini diambil dari upah tenaga kerja. Umumnya, mereka mendapatkan upah Rp750 ribu sampai Rp1 juta. ”Tidak ada paksaan untuk ikut BPJS Ketenagakerjaan. Hanya, memang petugas kebersihan berbondong-bondong untuk ikut. Mereka merasa ikut asuransi ini memiliki manfaat,” jelasnya.
Sementara menurut, Kepala Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Maros, Hendrayanto, pemberian jaminan sosial ini merupakan kerjasama dengan Pemkab Maros untuk menjamin keselamatan para petugas yang setiap hari bekerja di lapangan. ”Kami mengapresiasi dukungan bupati Maros terhadap pemberian perlindungan sosial kepada para petugas kebersihan ini. Ke depan, kami berharap para petugas lapangan yang dipekerjakan Pemkab Maros juga akan mendapat jaminan sosial yang sama,” ujarnya.
Selain itu BPJS Ketenagakerjaan juga menyerahkan dana santunan jaminan kematian kepada ahli waris dari seorang petugas pemadam kebakaran dan ahli waris peserta program Askesos atau Asuransi Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial RI. Dana santunan yang diberikan sebesar Rp24 juta. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top