150 Pasangan Ikuti Nikah Massal – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

150 Pasangan Ikuti Nikah Massal

TAKALAR, BKM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar kerjasama Kementerian Agama (Kemenag) Takalar menggelar sidang isbat nikah terpadu atau biasa disebut nikah massal. Kegiatan yang diprakarsai Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin ini diikuti 150 pasangan suami isteri yang belum mengantongi surat nikah.
”Kami dari pihak kementerian agama sangat mendukung langkah bupati Takalar,” kata Kepala Kantor Kemenag Takalar, Hj Adeliah, Senin (24/10).
Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin mengatakan, kegiatan ini ditempuh pemerintah kabupaten agar kedepannya anak-anak yang dilahirkan dari rahim seorang ibu mendapatkan pengakuan hukum dengan terbitnya akta lahir.
”Seorang anak memiliki hak asasi untuk mempunyai akta lahir. Namun hak dasar anak ini tidak bisa terpenuhi bila orangtua dari anak tersebut tidak memiliki surat nikah. Olehnya itu, kami atas nama pemerintah kabupaten bergerak cepat untuk mengantisipasi ketimpangan ini,” urai Burhanuddin.
Ditambahkan, saat ini pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Mahkamah Agung RI, Kemendagri, dan Kemeneg tentang pelaksanaan pelayanan terpadu. Dimana, pengadilan agama, kantor urusan agama, dan kantor catatan sipil dapat melaksanakan kegiatan dengan duduk di satu meja. Pengadilan agama menetapkan Itsbat nikah, kemudian kementerian agama melalui kantor urusan agama mengeluarkan akta nikah dan Dinas Dukcapil mengeluarkan akta kelahiran. (ira/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top