Wali Kota: Pungli Itu Rantasa – Berita Kota Makassar
Metro

Wali Kota: Pungli Itu Rantasa

MAKASSAR, BKM — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menebar ancaman ke kepala sekolah untuk tidak main-main dengan pungutan liar (pungli).
Di depan puluhan kepala sekolah dan kepala UPTD Disdik s Kota Makassar dan Kadis Disdik, Danny mengatakan, tidak ada ampun bagi kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan yang ketahuan melakukan pungli.
“Saya sudah memecat beberapa kepala sekolah yang kedapatan melakukan pungli,” tegasnya saat membuka kegiatan Gebyar Sekolah Adiwiyata akhir pekan lalu.
Dia mengatakan, butuh kesadaran berbagai elemen masyarakat untuk komitmen menghindari pungli.
Dia mengatakan, selama ini, pungli sudah membudaya dan mengakar di kehidupan masyarakat. Sehingga mata rantainya harus diputuskan.
Jika memang ada yang dibutuhkan sekolah yang diharapkan mendapat bantuan dari orang tua siswa misalnya, tidak masalah meminta sumbangan tapi bentuknya sukarela.
Sumbangan itu, kata Danny, harus berkualitas dan memenuhi beberapa sarat. Diantaranya tidak ada nilai yang ditetapkan, tidak ada sanksi yang diberikan bagi siswa yang tidak menyumbang, bantuan dimasukkan ke rekening terbuka yang bisa dicek semua orang.
“Saya tidak mau dengar ada kepala sekolah yang melakukan pungli. Beberapa sudah saya pecat. Kita komitmen dalam operasi pemberantasan pungli. Ini bukan program ikut-ikutan,” tegasnya.
Namun, dia menekankan kepala sekolah tidak usah takut dengan ancaman yang dikeluarkan sehingga tidak melakukan apa-apa.
“Rantasa itu bukan hanya sampah tapi pungli juga,” jelasnya.
Danny meminta kepada masyarakat agar pro aktif mengawasi praktik-praktik pungli. Jika menemukan, diharap untuk melaporkannya segera. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top