Disdukcapil Sosialisasi Simantap One Day Service – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Disdukcapil Sosialisasi Simantap One Day Service

SOSIALISASI -- Disdukcapil Sidrap sosialisasi Simantap One Day Service kepada seluruh Kepala UPTD Pendidikan

SIDRAP, BKM — Dinas Pendudukan dan Catatap Sipil (Disdukcapil) Sidrap mensosialisasikan layanan baru kepada seluruh kepala Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Pendidikan.
Sosialisasi itu berupa layanan berjalan Sidrap Menuju Aksi Nyata, Tertib Administrasi Pendudukan (Simantap) One Day Service. “Semua kepala UPTD Pendidikan telah dikumpulkan terkait layanan baru yang kita terapkan itu, khususnya dalam pembuatan akta kelahiran bagi peserta didik,” ujar Kadis Dukcapil Sidrap Syaharuddin Laupe, di Pangkajene, Minggu (23/10).
Sarlop sapaan akrab Syaharuddin Laupe mengatakan, mereka nantinya akan mensosialisasikan ke tingkat bawah dengan para kepala sekolah, selanjutnya kepala sekolah ke para orang tua peserta didik.
Penerapan layanan Simantap ini akan mendukung proses penuntasan akta kelahiran hingga mencapai target tahun ini. “Tahun ini target akta kelahiran kami sekitar 25 ribu atau 77 persen dari jumlah penduduk usia subur. Dan saat ini baru mencapai 15 ribu atau 66 persen,” ucapnya.
Kepala Bidang Catatan Sipil (Capil) Disdukcapil Sidrap, Hj Nurlaela menambahakan, bahwa sejak diterapkannya layanan berjalan Simantap pihaknya setiap hari menerima pembuatan akta kelahiran khusus 0-18 tahun sekitar 70-an kartu.
“Dengan adanya layanan ini, mudah-mudahan kita bisa mencapai target, karena baru tahun ini pemerintah pusat memberikan target pembuatan akta kelahiran,” tandasnya.
Sementara Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Panca Lautang, Alihu mengaku, layanan tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat karena disamping mengurangi biaya transportasi juga lebih cepat selesai.
“Layanan berjalan ini akan memanfaatkan satu pemuda yang dilengkapi identitas di tiap-tiap desa/kelurahan untuk menjemput berkas masyarakat yang akan melakukan pengurus KK, KTP, Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pengurusan pun, sehari langsung jadi,” tandasnya. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top