Poros Buntu Batu Bungin Terputus – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Poros Buntu Batu Bungin Terputus

ENREKANG, BKM — Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Enrekang, sejak Selasa (18/10) sore. Kali ini bencana tersebut melanda warga masyarakat di Desa Ledan Kecamatan Buntu Batu dan Desa Kadinge Kecamatan Baraka.
Satu rumah rusak parah akibat tertimbun longsor. sementara beberapa ruas jalan ikut tertimbun serta satu jembatan ambruk.
Akibatnya, jalan yang menghubungkan antara
Kecamatan Buntu Batu menuju Bungin dan kecamatan
Baraka menuju Kecamatan Bungin terputus. Padahal, akses menuju ke kecamatan Bungin hanya bisa melalui dua kecamatan tersebut.
Personil TRC BPBD Kabupaten Enrekang, Bahrul menjelaskan ada 10 titik longsor yang terjadi. Delapan titik longsoran di desa Ledan dan dua lainnya terjadi di Desa Kadinge.
“Di Ledan satu rumah tertimbun longsor. Rumah tersebut milik Fendi (32). Ia bersama istrinya, Suriana (29) dan tiga anaknya saat ini diungsikan ke rumah tetangga,” ujar Bahrul. Sementara jembatan yang ada di Desa Kadinge dengan panjang 10 meter ambruk.
Staf Kantor Camat Bungin, Yarsin Gau yang sehari-harinya melewati Desa Kadinge menuju tempat kerjanya mengatakan, setelah kejadian tersebut dirinya dan beberapa rekannya terpaksa menempuh jalur alternatif dengan menyeberangi sungai.
“Tidak ada jalan lain kecuali menyeberangi sungai menggunakan motor. Tapi, jika air sungai naik maka tidak adami jalan yang bisa dilalui,”tandas Yarsin.
Penanganan pembersihan longsoran dari badan jalan saat ini sudah dilakukan warga setempat. Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Enrekang sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas PU Kabupaten Enrekang,”Dinas PU melalui Bagian Peralatan sudah mengupayakan untuk menurunkan alat berat tronton le lokasi,”tandas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Enrekang, Benny Manjsur.
Pihaknya sementara berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penggunaan dana tak terduga untuk tanggap darurat pemulihan arus transportasi.
Kepala Dinas PU Enrekang Abdullah Sanneng mengatakan untuk membuka akses jalan tersebut pihaknya telah menurunkan alat berat.
“Kita suda kirim alat berat ke lokasi kemarin, Rabu (19/10) ujarnya. (her/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top