Pemprov tak Siapkan Biaya Pemulangan – Berita Kota Makassar
Headline

Pemprov tak Siapkan Biaya Pemulangan

MAKASSAR, BKM — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulsel, Abdul Wahid Tahir segera bertolak ke Jakarta untuk mengurus kepulangan jamaah haji asal Sulsel yang menggunakan paspor Filipina ke Tanah Suci.
Kepada wartawan, Jumat (21/10), Abdul Wahid mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Agama untuk memastikan apakah memang ada jamaah haji asal Sulsel dan bagaimana kondisi mereka.
Hanya saja, dia mengaku hingga saat ini, pihaknya belum bisa memastikan jumlah pasti jamaah haji asal Sulsel yang lewat Filipina.
“Baru data keseluruhan yang kami dapat. Yakni sekitar 106 orang. Kementerian Agama baru melakukan proses identifikasi,” ujarnya, kemarin.
Dia berjanji secepatnya akan berkoordinasi dengan Kemenag untuk mengetahui jumlah pastinya, sekaligus membicarakan proses pemulangannya ke Sulsel.
Abdul Wahid mengatakan, hari ini, Sabtu (22/10) dia akan bertemu dengan Kepala Biro Umum Kementerian Agama untuk bertemu jamaah haji yang sudah tiba itu di Asrama Haji Pondok Gede.
“Insya Allah besok (hari ini) akan bertemu kepala biro, dan selanjutnya dipertemukan dengan jamaah haji tersebut,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang yang juga Ketua Ikatakan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulsel, mengatakan pemerintah akan memfasilitasi para jamaah haji tersebut untuk bertemu keluarganya.
Namun, sejauh ini pihaknya baru melakukan upaya koordinasi dengan pemerintah pusat untuk mengetahui secara pasti berapa jumlah jamaah haji asal Sulsel.
Hanya saja, Agus tidak bisa memastikan apakah pemprov bakal menanggung biaya kepulangan mereka ke daerah ini nantinya.
Menurut dia, jangan sampai, jika ada persoalan semuanya dibebankan ke pemerintah.
“Untuk biaya pemulangannya, pemerintah tidak siapkan,” tegas Agus. (rhm/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top