Masih Ada SKPD tak Ingin Diteropong Anggarannya – Berita Kota Makassar
Metro

Masih Ada SKPD tak Ingin Diteropong Anggarannya

MAKASSAR, BKM–Ternyata masih ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Makassar yang belum transparan. Mereka tidak ingin diteropong anggaran kegiatannya oleh publik. Padahal masyarakat butuh transparasi anggaran, dalam setiap program.
Hal ini diketahui setelah sejumlah SKPD yang direkomendasikan pihak kejaksaan masih pikir-pikir untuk ikut Program Jaksa Samboritta. Padahal program tersebut semata-mata mengawal kebijakan penggunaan anggaran mereka agar tidak salah langkah.
Apalagi, keberadaan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang berada di Kejaksaan Tinggi Sulselbar dan Kejari Makassar sangat konsen memantau penggunaan anggaran yang bersumber dari uang negara.
Adapun SKPD yang masih dalam proses yakni Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Tenaga Kerja, termasuk sejumlah kepala kecamatan.
Sementara itu, beberapa SKPD juga sudah menyatakan kesiapan untuk ikut bergabung yakni, Dinas Pendapatan Daerah, Kantor Perizinan dan Penanaman Modal, Dinas Komunikasi dan Informasi, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi, Dinas Kebersihan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Camat Mariso dan Dinas Tata Ruang dan Bangunan.
Direktur Utama Harian Berita Kota Makassar, Mustawa Nur, SH MH yang juga sebagai penggagas Program Jaksa Samboritta mengatakan, dalam pelaksanaan Jaksa Samboritta, SKPD akan diberikan penghargaan sebagai SKPD yang sangat transparan dalam mengelola anggarannya.
Penghargaan tersebut, kata Mustawa, ditandatangani langsung Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel.
Mustawa menambahkan, dalam keterbukaan atau transparansi anggaran menjadi penting untuk diketahui agar SKPD tidak terjebak dalam lingkaran kasus korupsi. Dan keberadaan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah (TP4D) membantu SKPD agar dapat berjalan sesuai koridornya dalam pengelolaan anggaran.(*)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top